PENERAPAN MODEL CIRCUIT LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR PUISI

Dewi Lestari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menganalisis unsur puisi di kelas X SMK Bhakti Nusantara Mranggen. Rendahnya kemampuan peserta didik dalam menganalisis unsur puisi disebabkan oleh kurangnya variasi dalam penggunaan model pembelajaran. Melihat kondisi seperti itu, perlu diupayakan penerapan model tertentu untuk meningkatkan kemampuan menganalisis unsur puisi pada peserta didik kelas X SMK Bhakti Nusantara Mranggen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik aktif, kreatif dan lebih fokus selama pembelajaran menganalisis unsur puisi menggunakan model Circuit Learning. Dari hasil perhitungan diketahui nilai tertinggi 100 dan nilai terendah sebesar 63 dengan nilai rata-rata 85. Nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat baik karena dapat melampaui nilai KKM yaitu 75. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Circuit Learning  dapat diterapkan dalam pembelajaran menganalisis unsur puisi pada peserta didik kelas X SMK Bhakti Nusantara Mranggen tahun pelajaran 2018/2019. Saran yang dapat disampaikan adalah guru hendaknya memberi variasi model pembelajaran sesuai dengan materi yang akan diajarkan.

 

Kata kunci  : Penerapan, Model Circuit Learning, Menganalisis Unsur Puisi


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2018. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Arfani, Muhammad Fariza. 2017.“Penerapan Model Example Non-Example dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pecangan Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi Universitas PGRI Semarang.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Damayanti, D. 2013. Buku Pintar Sastra Indonesia Puisi, Sajak, Syair, Pantun dan Majas. Yogyakarta: Araska.

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa.

Fathurrohman, Muhammad. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Russ Media.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka.

Nawawi, Hadari dan Mimi Martini. 2005. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ngalimun, dkk. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Pratiwi, Arin. 2014. “Keefektifan Strategi Circuit Learning dalam Pembelajaran Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tempel Sleman”. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sayekti, Diyah. 2017. “Penerapan Model Make a Match dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMK Palebon Semarang Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi Universitas PGRI Semarang.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2016. Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wardoyo, Sigit Mangun. 2013. Teknik Menulis Puisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.