KEEFEKTIFAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI

Dhani Susilowati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis, khususnya menulis teks biografi. Melihat kondisi seperti itu perlu diupayakan penerapan metode tertentu untuk membantu peserta didik  agar antusias dan tidak jenuh ketika pembelajaran menulis teks biografi pada peserta didik kelas X MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Kabupaten Demak tahun pelajaran 2018/2019. Metode Pembelajaran yang diterapkan adalah Metode Mind mapping. Penelitian ini menunjukkan adanya keefektifan metode mind mapping karena menjadikan peserta didik lebih paham sehingga nilainya mencapai KKM yaitu 75. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan metode mind mapping lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata bernilai 81,2 sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 76,3. Dengan demikian, penggunaan metode mind mapping memberikan dorongan kepada peserta didik untuk menjadi lebih aktif, antusias serta bersemangat dalam menemukan ide menulis dalam pembelajaran teks biografi. Hal ini terlihat dari keterampilan peserta didik yang sudah mampu menulis teks biografi dengan baik sesuai sistematika yang telah ditentukan.

 

Kata kunci  : Metode Mind Mapping, Menulis Teks Biografi


Full Text:

PDF

References


Amaliya, Fiky. 2017. “Penerapan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Hasil Wawancara pada Siswa Kelas X SMA N 2 Ungaran Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Ahmad. 2017. "Keefektifan Model Mind Mapping Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 2 Pinrang”. Jurnal. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arini, Ni Wayan. 2012. “Implementasi Metode Peta Pikir Berbantuan Objek Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi”. Jurnal. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Buzan, Tony. 2017. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Damaianti, Amalia. 2018. “Penerapan Media Komik dalam Pembelajaran Mengungkapkan Nilai-Nilai Keteladanan Teks Biografi pada siswa Kelas X SMA Negeri 2 Mranggen Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Damlan. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Darsono. Dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Perss.

Fuad, Zulfikar. 2012. Rahasia Menulis Biografi Ala Ramadhan K.H.. Jakarta: Akademia Permata.

Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Angkasa.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Karkono, dkk. 2013. Keefektifan Penggunaan Teknik Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Bertolak dari Peristiwa yang Dialami Siswa Kelas IX SMP Negeri 18 Malang. Jurnal. Malang: Universitas Negeri Malang.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafino Persada.

Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mizani, Nurul. 2015. “Peningkatan Kemampuan Menulis Argumentasi dengan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 25 Pamulang, Tangerang Selatan. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ngatmini, dkk. 2012. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Semarang: IKIP Press.

Purba, Desi Krisna Br. 2014. “Efektivitas Teknik Mind Mapping (Peta Pikiran) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal. Tanjungpinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Saleh, Andri. 2008. Kreatif Mengajar dengan Mind Map. Bogor: Regina.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharso dan Retnoningsih. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.

Suherli, dkk. 2017. Bahasa Indonesia: Buku Guru/ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wismanto, Agus dan Arisul Ulumuddin. 2015. Penulisan Kreatif. Semarang: Lontar Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.