Kontribusi Motivasi Belajar dan Strategi Belajar Bahasa terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris Siswa Kelas Dua di SMP Dwijendra Denpasar

Ni Luh Putri Jayanti

Abstract


ABSTRAK

Jayanti, Ni Luh Putri, 2012. Kontribusi Motivasi Belajar dan Strategi Belajar  Bahasa terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris Siswa Kelas Dua di SMP Dwijendra Denpasar

Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I : Prof. Dr. Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni, M.A. dan Pembimbing II : Dr. Ni Made Ratminingsih, M.A.

Kata Kunci: motivasi belajar, strategi belajar bahasa, kemampuan berbahasa Inggris

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berbahasa Inggris siswa kelas dua sekolah menengah pertama di Dwijendra Denpasar,  apakah terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara strategi belajar bahasa siswa terhadap kemampuan berbahasa Inggris siswa kelas dua sekolah menengah  pertama di Dwijendra Denpasar, apakah terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan strategi belajar bahasa siswa terhadap kemampuan berbahasa Inggis siswa kelas dua sekolah menengah pertama di Dwijendra Denpasar.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Sampel penelitian ini adalah 160 siswa. Sampel diperoleh melalui teknik yang disebut systematic random sampling. Penelitian ini menggunakan dua metode pengumpulan data yaitu kuesioner ( motivasi belajar dan strategi belajar bahasa) dan tes ( kemampuan bahasa Inggris siswa). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi, korelasi sederhana dan berganda. Kontribusi motivasi belajar adalah 92.5%, strategi belajar bahasa 89.9% dan kontribusi kedua variabel terhadap kemampuan bahasa Inggris siswa adalah 95.1%  Hasil penelitian (1) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berbahasa Inggris siswa kelas dua SMP Dwijendra Denpasar. (2) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara strategi belajar siswa terhadap kemampuan berbahasa Inggris siswa. (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan strategi belajar bahasa siswa terhadap kemampuan berbahasa Inggris siswa kelas dua di SMP Dwijendra Denpasar.

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

Jayanti, Ni Luh Putri, 2012. The Contribution of Learning Motivation and Language Learning Strategies to  English Proficiency of the Second Grade Students of SMP Dwijendra Denpasar

This thesis has been examined and corrected by Supervisor I: Prof. Dr. Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni, M.A. and Supervisor II : Dr. Ni Made Ratminingsih, M.A.

Key Words: Learning Motivation, Language Learning Strategies, English Proficiency

This thesis was to investigate the contribution of learning motivation and  language learning strategies to  English proficiency of the second grade students of SMP Dwijendra Denpasar. This research was intended to answer the following research questions: 1) Is there any contribution of learning motivation to the English proficiency of second grade students of SMP Dwijendra Denpasar; 2) Is there any contribution of language learning strategies to the English proficiency of the second grade students of SMP Dwijendra Denpasar; 3) Is there any contribution of learning motivation and language learning strategies to the English proficiency of the second grade students of  SMP Dwijendra Denpasar. An ex post facto research design was used in this study, which involved 160 students as samples. The number of samples was determined by using systematic random sampling. The data of this study were obtained through two models of instruments, namely test and questionnaire. The data were analyzed through correlation, simple and multiple regressions. The contribution of learning motivation was 92.5%, language learning strategies were 89.9% and the those two variables was 95.1% which affect English Proficiency. The findings of the study were: 1) there was a positive and significant contribution of learning motivation of the second grade students’ English proficiency; 2) there was a positive and significant contribution of language learning strategies on second grade students’ English proficiency; and 3) there was simultaneous positive significant contribution of learning motivation, language learning strategies on second grade students’ English proficiency.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.