ANALISIS BUTIR-BUTIR SOAL ULANGAN UMUM BAHASA INDONESIA KELAS X SMAK HARAPAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2011/2012.

Ni Putu Nuratni

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif-kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) validitas butir-butir  soal ulangan umum bahasa Indonesia kelas X, tentang  validitas isi, konstruk dan analisis butir-butir soal; (2) taraf kesukaran butir-butir soal ulangan umum bahasa Indonesia kelas X; (3) daya beda butir-butir soal ulangan umum bahasa Indonesia kelas X; dan (4) reliabilitas butir-butir  soal ulangan umum bahasa Indonesia kelas X SMA. Subjek penelitian ini adalah seorang guru dan 322 siswa kelas X SMAK Harapan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan dokumen berupa butir-butir soal ulangan umum dan hasil tes ulangan umum bahasa Indonesia kelas X SMAK Harapan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif untuk menentukan validitas isi dan konstruk.  Sedangkan  secara kuantitatif menggunakan koefisien point biserial dengan program Iteman untuk menentukan validitas soal, tingkat kesukaran dan daya beda.  Untuk  menentukan reliabilitas menggunakan rumus formula K-R 20 . Hasil penelitian terhadap butir-butir  soal ulangan umum bahasa Indonesia kelas X SMAK Harapan menunjukkan bahwa (1) validitas isi yang mencakup keterampilan membaca dan menulis tergolong baik; validitas konstruk tergolong baik yaitu 82% soal yang sesuai dengan kisi-kisi soal, dan 18% soal tidak sesuai dengan kisi-kisi soal; dan validitas butir-butir soal tergolong kurang baik yaitu 68% soal valid dan 32% tidak valid. (2) Tingkat kesukaran butir-butir soal tergolong kurang baik. (3) Daya beda butir-butir soal tergolong baik. (4) Reliabilitas  tergolong tinggi. Mengingat bahwa butir-butir soal ulangan umum merupakan instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan belajar siswa, maka kepala  sekolah hendaknya mewajibkan guru untuk, melakukan analisis butir-butir soal sehingga benar-benar dapat digunakan untuk mengukur kemampuan belajar siswa.

Abstract. This research is descriptive quantitative-qualitative research which is aimed to describe (1) validity of Bahasa Indonesia test items Class X, about contain validity, construct and test items analysis; (2) difficulties level of Bahasa Indonesia test items class X; (3) differences of Indonesia test items class X; and (4) reliability of Indonesia test items class X. The subject of this research is a teacher and 322 students of SMAK Harapan class X. The method to collect the data used is method of collecting data of test and the result of Bahasa Indonesia test for class X SMAK Harapan. Data analysis id done descriptively and quantitatively by using average biserial point with Iteman Program to determine the validity and formula of K-R 20 to find the reliability. The result to Bahasa Indonesia test items class X SMAK Harapan showed that (1) contain validity which covered reading skill and writing skill are classified as good; construct validity is classified as good, that is 82% items which proper to the prediction items, and 18% items which is not proper to it; and items validity, is classified as not good, that is 68% valid items and 32% is not valid. (2) Difficulties level, test items are classified as not good (3) differences of test items is classified as the good one. (4) The reliability is classified as the high one. Considering that the test items are the instrument which is used to measure the students’ ability, hence the school and especially the teacher should do the analysis of test items so that the test can be used to measure the students’ ability.

Kata Kunci: Analisis,  validitas, tingkat kesukaran, daya beda  dan  reliabilitas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.