PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS V MI AL MA’RUF DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2011/2012

S i f a .

Abstract


Abstrak: Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menulis di Kelas V MI Al Ma’ruf Denpasar, Bali. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk  mengetahui (1) perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia aspek menulis dengan pendekatan kontekstual, (2) pelaksanaan pembelajaran menulis dengan pendekatan kontekstual, (3)  evaluasi yang dilaksanakan guru dalam pembelajaran menulis dengan pendekatan kontekstual, (4) hambatan-hambatan guru bahasa Indonesia dalam melaksanakan pembelajaran menulis dengan pendekatan kontekstual di Madrasah Ibtidaiyah Al Ma’ruf Denpasar. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru bahasa Indonesia kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Ma’ruf Denpasar. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode pengumpulan dokumen. Metode ini berfungsi untuk mendapatkan data  berupa silabus dan RPP, metode observasi dan wawancara untuk mendapatkan data tentang pelaksanaan, evaluasi, dan hambatan-hambatan dalam pembelajaran. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan prosedur analisis data kualitatif yakni reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan/verifikasi. Hasil penelitian tentang pembelajaran keterampilan menulis dengan pendekatan kontekstual di Madrasah Ibtidaiyah Al Ma’ruf menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran yang mencakup penyusunan silabus dan  RPP dilakukan sendiri oleh guru dan mengacu kepada Standar Proses. (2) pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang mencakup kegiatan awal, inti dan penutup belum sepenuhnya sejalan  dengan standar proses. (3) evaluasi yang dilakukan oleh guru masih menggunakan tes standar, belum menerapkan penilaian yang sebenarnya (authentic Assesment). (4) hambatan-hambatan dalam pembelajaran menulis dengan pendekatan kontekstual dialami guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hal itu disebabkan oleh kurangnya pemahaman guru tentang KTSP pada umumnya dan pendekatan kontekstual pada khusunya. Sejalan dengan simpulan penelitian ini, disarankan kepada guru untuk  meningkatkan pemahamannya terhadap penerapan KTSP dan pendekatan kontekstual bagi pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pembelajaran menulis.

This research is a descriptive qualitative research that’s aimed to know (1) the planning of Indonesian learning in writing skill using contextual approach, (2) the implementation of writing learning using contextual approach, (3) evaluation that’s done by teacher in writing learning using contextual approach, (4) the obstacles of Indonesian’s teacher in implementing the writing learning using contextual approach in Madrasah Ibtidaiyah Al Ma’ruf Denpasar. The subject in this research is the 5th grade students and the Indonesian teacher of Madrasah Ibtidaiyah Al Ma’ruf. The data collection of this research uses document collection method to get data such as syllabus and lesson plan (RPP), observation and interview method to get data about implementation, evaluation, and obstacles in learning. The analysis data in this research uses qualitative analysis data procedure that is data reduction, data presentation, and conclusion/ verification. The research result about writing skill learning using contextual approach in Madrasah Ibtidaiyah Al Ma’ruf showed that (1) learning planning that included syllabus and lesson plan (RPP) composing was done by the teacher itself. (2) the learning implementation showed that the learning implementation that included pre activity, while activity and post activity haven’t follow the standard process yet. (3)  Evaluation that’s done by teacher is still using standard test, it hasn’t apply the real scoring (authentic Assessment) yet. (the obstacles in writing learning using contextual approach was faced by teacher in planning, implementing, and evaluating. Those were caused by the lack of teacher’s comprehension about KTSP in generally and especially about contextual approach. By the conclusion of this research it’s suggested for the teacher to improve his/ her comprehension related with the implementation of KTSP and contextual approach in learning Indonesian especially in writing skill.

Kata Kunci: pendekatan kontekstual, pembelajaran menulis, perencanaan, pelaksanaan, dan     evaluasi, hambatan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.