PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, SIKAP BAHASA, DAN KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA

Ni Putu Yunia Dewi, I Nengah Suandi, I Nyoman Sudiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh beberapa variabel, yaitu: (1) motivasi belajar, (2) sikap bahasa, (3) kebiasaan membaca, dan (4) motivasi belajar, sikap bahasa, dan kebiasaan membaca secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa SMP kelas IX se-Denpasar Timur. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif dengan bentuk penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas IX se-Denpasar Timur yang berjumlah 1.846 orang. Penetapan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling rangkap, yaitu sampling kuota dan proportional simple random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner motivasi belajar, sikap bahasa, dan kebiasaan membaca serta dokumentasi berupa nilai tes sumatif semester ganjil 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa SMP kelas IX se-Denpasar Timur dengan koefisien korelasi sebasar 0, 372 dan sumbangan efektif sebesar 9, 672%, (2) terdapat pengaruh yang signifikan sikap bahasa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP kelas IX se-Denpasar Timur dengan koefisien korelasi sebasar 0, 437 dan sumbangan efektif sebesar 8, 390%, (3) terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan membaca terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa SMP kelas IX se-Denpasar Timur dengan koefisien korelasi sebasar 0, 747 dan sumbangan efektif sebesar 41, 907%, dan (4) secara bersama-sama, terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar, sikap bahasa, dan kebiasaan membaca terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa SMP kelas IX se-Denpasar Timur dengan koefisien korelasi ganda sebasar 0, 627 dan sumbangan efektif sebesar 59, 969%. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar, sikap bahasa, dan kebiasaan membaca terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia.

 

Kata Kunci : Kebiasaan Membaca; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar; Sikap Bahasa


Full Text:

PDF

References


Budiawan. (2008). Pengaruh Sikap Bahasa dan Motivasi Belajar Bahasa terhadap Prestasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Siswa SMA Se-Bandar Lampung. https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjs5oy-wOjiAhUJpI8KHSCXBo0QFjAAegQIAxAC&url=http%3A%2F%2Flib.ui.ac.id%2Ffile%3Ffile%3Ddigital%2F20251271-RB00B424p-Pengaruh%2520sikap.pdf&usg=AOvVaw0LpyM5txYTZR0qFJIVjue4. Diakses 10 Juni 2019.

Chaer, Abdul & Leonie, Agustina. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Fasold, Ralph. (1984). The Sociolinguistics of Society. Oxford: Basil Blackwell.

Dantes. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi.

Iskandarwassid dan Sunendar. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mualimah, Eka Nurul & Usmaedi. (2018). Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Kubanglaban, Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar STKIP Setia Budhi Rangkasbitung, 4(1), 43-54.

Ni’matullah, Onik Farida. (2018). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Membaca Siswa Terhadap Hasil Belajar Geografi SMA, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Geografi, 3(1), 197-204.

Pinatih, Ayu Mertasari. 2016. Pengaruh Sikap Bahasa dan Motivasi Belajar Bahasa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas III SMP dan III SMA Peserta Bimbingan Belajar Triton di Denpasar, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa, Volume 5, No. 1, 2016.

Rohaeni, Ina. (2016). Pengaruh Sikap Bahasa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP Negeri 2 Padaherang, Jurnal Diksatrasia, 6(3),1-9.

Sanjaya, Wina. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Suandi. (2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sari, R. I. P. (2014). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN 11 Petang Jakarta Timur.PEDAGOGIK, Volume II Nomor 1.

Sardiman, AM. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Tampubolon. (2015). Kemampuan Membaca Teknik, Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.