PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING (BELAJAR BERBASIS PENGALAMAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI

Ni Putu Ayu Ratih, I Nengah Martha, Gde Artawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kemampuan siswa menulis puisi, (2) langkah-langkah, dan (3) respons siswa setelah penerapan model experiential learning dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII C SMPN 3 Penebel. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri atas lima komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian guru dan siswa kelas VIII C SMPN 3 Penebel. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan kuesioner. Metode analisis data adalah metode analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yakni (1) kemampuan siswa dengan menerapkan model experiential learning meningkat terlihat dari hasil refleksi awal skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 65, skor rata-rata pada siklus I adalah 74,3, dan pada siklus II skor rata-ratanya adalah 86. Nilai tersebut sudah mencapai KKM yaitu 75. (2) langkah-langkah pembelajaran dengan menerapkan model experiential learning yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. (3) Respons siswa meningkat sebanyak 6% tiap, pada siklus I respons siswa berjumlah 1242 dengan rata-rata 43 kategori positif. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan respons berjumlah 1410 dengan rata-rata 49 kategori sangat positif.

 

Kata kunci: Experiential Learning; Menulis; Puisi


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, 1999. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharudin, dan Esa Nur wahyuni. 2015. Teori Belajar Pembelajaran. AR- Ruzz Media.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Istighfaroh, Zikrina. 2014. “Pelaksanaan Model Pembelajaran Experiential Learning di Pendidikan Dasar Sekolah Alam Anak Prima Yogyakarta” Program Studi Teknologi Pendidikan, 11 Mei 2020.

Rastuti, M.G. Hesti Puji. 2008. Seni Memilih Kata. Jakarta: Permaata Equator Media.

Sholihah, Mar’atus. 2016. Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap kemampuan Berpikir Siswa SMA, Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Universitas Negeri Malang, 9 Juni 2019.

Silberman, Mel. 2016. Handbook Experiential Learning (Strategi Pembelajaran dari Dunia Nyata). Bandung: Nusa Media.

Sriani, Ni Ketut. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Tampaksiring” Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9 Juni 2019.

Susanti, Maria. 2016. “Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Model Project Based Learning pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Pesawaran Tahun Pelajaran 2015/2016” 9 Juni 2019.

Wicaksono, Helmi. 2018. “Pengembangan Media Permainan Imajinasi dalam Pembelajaran Menulis Puisi bagi Siswa Kelas X” Pendidikan Teori, Penelitian, dan Pengembangan Universitas Negeri Malang, 11 Mei 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.