PENERAPAN METODE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA TEKS EKSPOSISI

siti - hajar, Gde Artawan, I Nengah Suandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran talking stick berbantuan media visual dalam meningkatkan kemampuan berbicara teks eksposisi siswa kelas X IPA 1 dan untuk mengetahui respons siswa terhadap penggunaan metode talking stick berbantuan media visual dalam  pembelajaran berbicara teks eksposisi kelas X IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020.  Rancangan  penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas (PTK) dengan menerapkan tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini, yakni siswa kelas X IPA 1 SMA  Muhammadiyah 1 Denpasar yang berjumlah 30 orang siswa dan Ibu Dra. Dewi Setyowati guru pengajar Bahasa Indonesia yang menjadi kolaborator penelitian . Metode  pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes untuk memeroleh hasil  kemampuan berbicara teks eksposisi siswa, wawancara untuk mendapatkan data awal dari penelitian ini, serta metode kuesioner untuk mendapatkan data respons  siswa terhadap penerapan metode talking stick berbantuan media media visual untuk meningkatkan kemampuan berbicara teks eksposisi.Hasil nilai rata-rata tes kemampuan berbicara teks eksposisi siswa pada siklus I sebesar 64 dengan kategori kurang,  siklus II  77,33 dengan kategori cukup, dan pada siklus III sebesar 88 dengan kategori baik.Selanjutnya, hasil respons siswa terhadap penerapan metode talking stick pada siklus I sebesar 49,16 dengan kategori kurang positif, siklus II sebesar 72,16 dengan kategori positif, dan pada siklus III sebesar 87 dengan kategori sangat positif. Dengan demikian, penerapan metode talking stick berbantuan media visual mampu meningkatkan kemampuan berbicara teks eskposisi siswa kelas X IPA 1 SMA Muhammdiyah 1 Denpasar. Disarankan, jika guru Bahasa Indonesia mengajarkan berbicara teks eksposisi, metode talking stick dapat digunakan.

 

Kata kunci: Berbicara; Media Visual; Metode Talking Stick; Teks Eksposisi


Full Text:

PDF

References


Basuki, Bambang Eko, (2017). “Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Metode Talking Stick Siswa Kelas kelas V di SDN 2 Watuagung Dongko Trenggelek Tahun Pelajaran 2016/2017”. Jurnal Pembelajaran Sains (vol.1 NO.2, 2017).

Indriani, Ni Wayan. (2014). “Penerapan Pembelajaran Tongkat Berbicara (Talking Stick) Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Berbicara pada Siswa Kelas VIII A Di SMP Negeri 2 Petang-Badung Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi (S1) PPs.Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Denpasar. (tidak diterbitkan)

Mirnawati. (2017). ”Media Gambar dapat Meningkatkan Keterampilan Berbicara siswa kelas 1 SDN 06 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman ”. Jurnal penelitian pendidikan Indonesia (vol.3 NO.2, 2017).

Ngalimun, (2012). Strategi dan Model Pembelajaran, Yogyakarta Aswaja Pressindo.

Ningsih, dkk. 2013. “Peningkatan Keterampilan Berbicaraa melalui Metode Bermain Teka-teki siswa kelas X MAS-TI Tabek Gadang Kabupaten Lima Puluh Kota”. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia (vol.1 No.3, 2013).

Sumarsih, Endang. (2016). “Peningkatan Kemampuan Memproduksi Teks

Eksposisi Melalui Media Audio Visual SMA Negeri 1 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu” Jurnal SIMBOL(Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya).

Tarigan, H.G. (1986). Berbicara. Bandung : Angkasa Bandung.

Wahyuni, Sri, dkk. (2018). “Penerapan Metode Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA kelas IV di SDN Posona”. Jurnal Kreatif Tadulako Online (vol.1 NO.1, 2018).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.