PEMANFAATAN APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi Tik Tok sebagai media dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah aplikasi Tik Tok, dengan objek penelitian adalah pemanfaatan aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Data dikumpulkam dengan metode observasi dan dokumentasi serta analisis deskriptif, dengan instrumen berupa catatan dokumentasi. Tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, aplikasi Tik Tok bersamaan dengan penggunaan dan metode yang tepat dapat bermanfaat sebagai media dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang menarik dan interaktif. Pengaplikasiannya yang mudah dan fitur yang beragam, maka aplikasi Tik Tok dapat diimplementasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Untuk mengetahui keefektivan aplikasi Tik Tok dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, diperlukan penelitian lanjutan.
Kata kunci: Bahasa Indonesia; Media; Pembelajaran; Tiktok
Full Text:
PDFReferences
Aji, W. N. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dengan Metode Inquiry discovery Learning dan Penggunaan Media Video pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 3 Colomadu. Magistra, 95, 34–42.
Aji, W. N., & Budiyono, S. 2018. The Teaching Strategy of Bahasa Indonesia in Curriculum 2013. International Journal of Active Learning, 3 (2), 58–64. https://doi.org/10.15294/IJAL.V3I2.12222.
Darmawan, S. L. 2013. Promoting Students’ Explicit Information Skill in Reading Comprehension Through Graphic Organizers. Premise Journal: ISSN Online: 2442-482x, ISSN Printed: 2089-3345, 2(2), 112–118. https://doi.org/10.24127/pj.v2i2.684.
Djajasudarma, F. 2006. Metode Linguistik–Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT Refika Aditama.
Fatimah Kartini Bohang. 2018. Tik Tok Punya 10 Juta Pengguna Aktif di Indonesia - Kompas.com. Retrieved September 10, 2018, from https://tekno.kompas.com/read/2018/07/05/09531027/tik-tok-punya-10-jutapenggunaaktif-di-indonesia.
Kountur, R. 2009. Metode Penelitian. Edisi Revisi. Jakarta: Buana Printing.
Loren, F. T. A. 2017. The Use of Learning Media on Listening Skill In Teaching Indonesian To Speakers Of Other Language (Tisol). Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa, 11 (1), 1. https://doi.org/10.24036/ld.v11i1.7625.
Mahnun, N. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37 (1), 27–35.
Purbasari, R. J. 2013. Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Siswa Sma Kelas X. Jurnal Online Universitas Negeri Malang.
Sulisworo, D. 2016. The Contribution of the Education System Quality to Improve the Nation’s Competitiveness of Indonesia. Journal of Education and Learning (EduLearn), 10 (2), 127. https://doi.org/10.11591/edulearn.v10i2.3468.
Syifak, M. 2013. Penggunaan Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas II SDN Margorejo III / 405 Surabaya M. Syifak. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 1, No.
Wahyuni Oktavia, S., & Kunci, K. 2015. Inovasi Model Partisipasi Solusi (Partisol) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 2477–2636.
Refbacks
- There are currently no refbacks.