ANALISIS DIALOG PERCAKAPAN PADA CERPEN KUDA PUTIH DENGAN JUDUL “SURAT DARI PURI” : SEBUAH KAJIAN PRAGMATIK “DEIKSIS”

Ni Nyoman Dewi Narayukti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan deiksis pada dialog antartokoh dalam cerpen Kuda Putih dengan judul Surat dari Puri. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif.  Subjek penelitian ini adalah cerpen, sedangkan objeknya adalah penggunaan deiksis pada dialog antartokoh dalam cerpen Kuda Putih dengan judul Surat dari Puri. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik studi dokomen. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 deiksis dari 6 deiksis yang ada, yaitu deiksis persona, deiksis petunjuk, deiksis tempat, deiksis waktu, deiksis sosial, dan tidak ditemukannya deiksis wacana pada dialog tersebut. Dalam deiksis tempat dimungkinkan bahwa dasar-dasar pragmatik deiksis tempat adalah jarak psikologis. Di sisi lain, deiksis waktu yang tidak termasuk adalah waktu di kalender dan waktu jam. Dari hasil yang sudah dianalisis, deiksis persona, deiksis petunjuk, deiksis tempat, deiksis waktu, dan deiksis sosial, pada dialog antartokoh pada cerpen Kuda Putih dengan judul Surat dari Puri terdapat beberapa kata yang sama namun tujuan yang berbeda. Tidak semua kata yang sama memiliki tujuan yang sama, namun ada beberapa tujuan yang berbeda. Simpulan dalam penelitian ini adalah hasil analisis dialog Kumpulan Cerpen Kuda Putih Karya IBW Widiasa Keninten dengan judul Surat dari Puri yang telah dipaparkan, ditemukan 8 deiksis persona, 2 deiksis petunjuk, 2 deiksis tempat, 2 deiksis waktu, 2 deiksis sosial, dan tidak ditemukannya deiksis wacana pada dialog tersebut.

 

Kata kunci: Cerpen; Deiksis; Surat Dari Puri


Full Text:

PDF

References


Abidin, Jauharul, dkk. 2019. Deiksis dalam Novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Tersedia pada: http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1517. Diakses pada 14 Juli 2020, pukul 21.44.

Aslinda dan Leni Syafyahya. 2007. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: PT Refika Aditama.

Cahyono, Bambang Yudi. 1995. Krista-Kristal Ilmu Bahasa. Surabaya: Airlangga University Press.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Imbron, Ali. 2017. Pengkajian Sastra: Teori dan Aplikasi. Surakarta: CV. Dwija Amarta Press.

Leech, Geoffrey . 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik (Edisi terjemahan oleh M.D.D. Oka). Jakarta: UI Press.

Lyons. John.1995. Pengantar teori Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nadar, F.X. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Putrayasa, IB. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rainhanny, Sri, dkk. 2017. Deiksis dalam Antologi Cerpen Pembunuh Ketujuh Karya Herman RN. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan PBSI, Vol. 2, No. 4. Tersedia pada: http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/610605. Diakses pada: 13 Juli 2020, pukul 21.50.

Sugiono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sunarmawan, Erdi. Dkk. 2014. Analisis Deiksis dalam Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, Vol 2 No 3, Agustus 2014, ISSN I2302-6405. Tersedia pada: https://www.neliti.com/id/publications/53505/analisis-deiksis-dalam-cerpen-siswa-kelas-x-sma-negeri-1-karanganyar Diakses pada: 14 Juli 2020, pukul 20.50.

Sunarwan, edi. 2014. Analisis Deiksis dalam Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Volume 2 Nomor 3, Agustus 2014, ISSN I2302-6405. Universitas Sebelas Maret. Teradapat pada: https://media.neliti.com/media/publications/53505-ID-analisis-deiksis-dalam-cerpen-siswa-kela.pdf. Diakses pada 9 November 2019. Pukul 19.53.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.