PENGARUH MEDIA YOUTUBE “BABYBUS” TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 2 TAHUN

Putu Ayu Hana Indah Cahyani, I Wayan Rasna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media YouTube yang dalam hal ini menggunakan video BabyBus terhadap keterampilan berbicara anak usia 2 tahun. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah tiga orang anak berusia 2 tahun. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode pengamatan, wawancara, dan catatan lapangan berupa tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh dalam keterampilan berbicara anak usia 2 tahun yang dikarenakan media YouTube yang salah satunya adalah video BabyBus. Hal ini dapat dilihat dari adanya ketertarikan subjek ketika menonton video-video BabyBus. YouTube juga dipandang sebagai media pembelajaran dalam pemerolehan bahasa (kosa kata) bagi anak, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa media YouTube memengaruhi keterampilan berbicara anak usia 2 tahun.

 

Kata kunci: Anak Usia 2 Tahun; Keterampilan Berbicara; YouTube


Full Text:

PDF

References


Brooks, Patricia J & Vera Kempe. 2012. Language development. British: BPS Blackwell.

Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik:Kajian Teoretik.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Devianty, Rina. 2016. PEMEROLEHAN BAHASA DAN GANGGUAN BAHASA PADA ANAK USIA BATITA Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Jl. Williem Iskandar Psr. V Medan Estate, 20371 e–mail: rinadevianty@uinsu.ac.id. AUDHAH: Vol. IV, No. 1: Januari – Juni 2016, ISSN: 2338 – 2163.

Dewi, Anak Agung Istri Kristiana. 2020. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio visual Anak Agung Istri Kristiana Dewi1 Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia e-mail: gungkristiana22@gmail.com. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 25 No. 3, 2020 P-ISSN: 1829-877X E-ISSN: 2685-9033

Kiftiyah, Iva Nur, dkk. 2017. PERAN MEDIA YOUTUBE SEBAGAI SARANA OPTIMALISASI PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI. Progam Studi Psikologi Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri 1 ivanur14@yahoo.com

Mulia Kurniati, dkk. 2020. PENGARUH SOSIAL MEDIA YOUTUBE TERHADAP PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN (STUDI PADA ANAK SPEECH DELAY) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Noor, Juliansya. 2011. Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Purnomo, Halim. 2019. INTERVENSI PSIKOLOGIS PADA PEMEROLEHAN BAHASA ANAK. Equalita, Vol. 1 Issue 2, Desember 2019 Avaliable online at http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/equalita/article/view/5486 Diterbitkan oleh Pusat Studi Gender dan Anak LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia.

Santrock, John W. 2007. Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga.

Susanti, Elvi. 2020. Keterampilan Berbicara. Depok:PT RajaGrafindo Persada

Suhendar, dkk. 2004. Pengajaran dan Ujian Keterampilan Menyimak dan Keterampilan Berbicara. Bandung: Pionir Jaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.