PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19 DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA PESERTA DIDIK

I Made Sugi Widyantara, I Wayan Rasna

Abstract


Dilatarbelakangi oleh virus corona yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring. YouTube dapat dijadikan salah satu media pembelajaran yang dapat menunjang keberhasilan belajar siswa karena terdapat berbagai macam video-video mengenain pendidikan. Pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran bertujuan untuk menciptakan kondisi dan suasana pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan interaktif. Salah satu kegiatan pembelajaran yang  menjadikan Youtube sebagia media pembelajaran adalah keterampilan berbahasa peserta didik. Tulisan ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana penggunaan Youtube sebelum pandemi Covid-19 dalam pembelajaran keterampilan berbahasa peserta didik, dan 2) mengetahui bagaimana penggunaan Youtube pada saat pandemi Covid 19 dalam pembelajaran keterampilan berbahasa peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode deskritif. Penggunaan media Youtube sebelum dan saat pandemi Covid-19 dalam keterampilan berbahasa peserta didik sama-sama menunjukan peningkatan nilai. Kendala lebih banyak dialami siswa pada saat penggunaan media Youtube sebelum pandemi Covid-19.

 

Kata Kunci: Covid-19; Keterampilan Berbahasa; Youtube


Full Text:

PDF

References


Abdi, Abdul Wahab, dkk. 2017. Hubungan Penggunaan Youtube Sebagai Sumber Belajar dan Keterampilan Membaca Peta Dengan Hasil Belajar Ips Terpadu Siswa Kelas Viii Smp Negeri 17 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah Volume 2, Nomor 4, 2017.,

Anggito, Albigo & Johan Setiawa. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Suka Bumi: CV Jejak.

Anshari. 2015. Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Darmayanti, Ida Ayu Made. Pemanfaatan Media YouTube Berita Pendidikan Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak.

Dewi, Nurmala, dkk. 2020. Increasing English Speaking Skills Through Youtube. Jurnal IlmiahVol 16, No 1 Jan 2020.

Hayes, Jeihan Desira. 2019. Keefektifan Media Youtube Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Peserta Didik Kelas Vii Smp Putri Al Azhar Pasuruan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya.

Ilmah, Humad & Iva Ani Wijiati. 2020. Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Ilyash, Muhammad & Miranti Eka Putri. 2020. YouTube Channel: An Alternative Social Media to Enhance EFL Students’ Speaking Skill. Journal of English for Academic Vol 7, No 1, February 2020.

Iriansyah, Herinto Sidik, dkk. 2020. PENGARUH VIDEO YOUTUBE “NUSSA” TERHADAP EGOCENTRIC SPEECH (Penelitian Eksperimen Pada Anak Usia 4-5 Tahun di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Bahari Jakarta Selatan). Journal of Early Childhood Islamic Education Study.Vol. 01, Nomor 01, 2020.

Kamhar, Muhammad Yusi & Erma Lestari. 2019. Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 1.

Kurnia, Rita. 2019. Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Luhsasi, Dwi Iga & Arief Sadjiarto. 2017. Youtube: Trobosan Media Pembelajaran Ekonomi Bagi Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan Vol. 5.

Maziyah, Nayly Ana. 2020. “Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Youtube Pada Peserta Didik Kelas Ii Mi Nurul Ulum Gresik”. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Muhsyanur. 2019. Pengembangan Keterampilan Membaca Suatu Keterampilan Berbahasa Reseptif. Sulawesi Selatan: Uniprima Press.

Nugroho, Syafrudin. 2020. Upaya Penerapan Media Youtube Dalam Peningkatan Keterampilan Menyimak Unsur Cerita Lisan. Jurnal Ilmiah SARASVATI, Vol. 2.

Potabuga, Liviany. 2019. Meningkatkan Keterampilan Menulis dalam Teks Prosedur Siswa Kelas 9 Dengan Menggunakan Youtube Video Di Smp 19 Palu. Jurnal. Universitas Tadulako.

Saragih, Maria Sepriyenni. 2015. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Artikel Penelitian.

Sari, Lurita. 2020. Upaya Menaikkan Kualitas Pendidikan Dengan Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tawadhu Vol. 4 .

Subhayni, Sa’adiah, & Armia. 2017. Keterampilan Berbicara. Banda Aceh: Syiah Kuala.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta CV.

Sukertiasih, Luh & Ngurah Ardiawan. 2020. Pembelajaran Menyimak (Mirengang) “Satua Bali” berbantuan Media Audio Visual bagi Siswa Tunagrahita. Jurnal Sastra Agama dan Pendidikan Bahasa Bali Vol. 1.

Sopyan, Yayan & Jarot Setyadi. 2009. Panduan Praktis Mengotimalkan YouTube. Jakarta Selatan: Media Kita.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.