PENGGUNAAN RETORIKA DALAM NOVEL CERMIN TAK PERNAH BERDUSTA KARYA MIRA WIDJAJA

Ni Putu Ari Krisnayanthi Subyanto, I Wayan Rasna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bentuk retorika dalam novel Cermin Tak Pernah Berdusta karya Mira Widjaja dan (2) untuk mendeskripsikan fungsi bentuk retorika dalam novel Cermin Tak Pernah Berdusta karya Mira Widjaja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode studi kepustakaan dengan teknik baca dan catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode Miles dan Huberman dengan melakukan analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Penelitian ini menghasilkan dua temuan, yaitu (1) novel Cermin Tak Pernah Berdusta karya Mira Widjaja menggunakan bentuk-bentuk retorika berupa pertama, pemajasan yang terdiri dari majas metafora, simile, sarkasme, personifikasi, metonimia, hiperbola, koreksio, pleonasme, epizeukis, eufemisme, polisindenton dan antitesisi. Kedua, bentuk penyiasatan struktur yang terdiri dari anafora dan pertanyaan retoris. Ketiga, bentuk bahasa citraan berupa bahasa citraan penglihatan, citraan penciuman, citraan gerak, dan citraan pendengaran, (2) fungsi dari bentuk retorika yang digunakan memiliki fungsi estetis dan membuat penggambaran menjadi lebih konkret.

 

Kata kunci: Novel; Retorika


Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal Yusuf. 2013. Pengantar Retorika. Bandung. Pustaka Setia.

Kurniastuti,dkk. 2017. “Analisis Gaya Bahasa Novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono”. ejournal.umpwr.ac-id (diakses tanggal 11 Maret 2020).

Inda. 2018. “Retorika Marah Rusli dalam Memang Jodoh”. https://ojs.badanbahasa.kemdijkbud.go.id (diakses tanggal 30 Januari 2020).

Keraf, Gorys. 2016. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kutha Ratna, Nyoman. 2015. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mira Widjaja. 2019. Cermin Tak Pernah Berdusta. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Muhammad. 2014. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pateda. 2016. “Gaya Kepengarangan Tere Liye dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Tinjauan Retorika-Stilistika”. journal.iaingorontalo.ac.id (diakses tanggal 11 Maret 2020).

Jalaludin, Rachmat. 2011. Retorika Modern. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Richardo. 2014. “Unsur Retorika dalam Novel Tarian Bumi karya Oka Rusmini”. jurnal.untan.ac.id (diakses tanggal 30 Januari 2020).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta CV.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.

Teeuw, A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Bandung: Pustaka Jawa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.