PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE MEET DALAM KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Ni Made Emy Juniartini, I Wayan Rasna

Abstract


Saat ini pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) merupakan masalah kesehatan global yang terjadi di seluruh dunia. Covid-19 merupakan penyakit yang ditularkan melalui droplet, sehingga untuk mencegah penularan virus tersebut masyarakat dan pemerintah beradaptasi dengan menjaga jarak fisik satu sama lain (physical distancing) dan membatasi kegiatan di luar rumah dengan melaksanakan kegiatan belajar mengajar, bekerja, dan aktivitas lainnya dengan aplikasi berbasis online. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pemanfaatan aplikasi google meet dalam keterampilan Menyimak dan berbicara untuk pembelajaran bahasa pada masa pandemi COVID-19 di SMAN 2 Mengwi, 2) Mengetahui kelebihan dan kelemahan pemanfaatan aplikasi google meet dalam keterampilan Menyimak dan berbicara untuk pembelajaran bahasa pada masa pandemi COVID-19 di SMAN 2 Mengwi. Adapun metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru di SMAN 2 Mengwi dengan teknik pengambilan data menggunakan google form yang berupa kuisioner dan melakukan wawancara online dengan video call. Kemudian untuk Teknik analisis datanya menggunakan teknik baca dan catat. Google meet merupakan fitur dari google yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan perkantoran ataupun belajar mengajar secara online dengan menggunakan fitur panggilan video berkualitas tinggi untuk grup yang dapat mencapai 250 orang. SMA Negeri 2 Mengwi pertama kalinya memanfaatkan aplikasi google meet untuk kegiatan pembelajaran berbasis online, tetapi penggunaan aplikasi google meet dalam media pembelajaran jarak jauh dinilai kurang efektif daripada pembelajaran secara offline atau tatap muka. Hal ini disebabkan karena kebutuhan kuota yang harus selalu tersedia dan jaringan yang stabil, motivasi belajar siswa yang menurun sehingga tidak ada jaminan apakah siswa benar-benar mengikuti kegiatan belajar mengajar. Tetapi, disamping itu juga terdapat beberapa keuntungan dari pembelajaran online menggunakan google meet. Seperti siswa yang sebelumnya kurang aktif menjadi lebih aktif, waktu dan tempat yang digunakan lebih fleksibel, dan memberikan pengalaman belajar yang lebih banyak mengenai pemanfaatan aplikasi online.

 

Kata kunci: Google Meet; Keterampilan Berbicara; Keterampilan Mendengarkan


Full Text:

PDF

References


Astini, Suni. 2020. Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 3. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/452

https://idcloudhost.com/mengenal-google-meet-fitur-keunggulan-dan-cara-menggunakannya/

Intan, Tania, dkk. 2018. Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa PAUD Bunda Hajar Melalui Keterampilan Menyimak, Membaca, Berbicara Dan Menulis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol.2 No.1.

Liana, Ade. 2013. Penggunaan Media Audiovisual Film Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Siswa Kelas V SDN Inpres Cikahuripankabupaten Bandung Barat. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung.

Moleong, Lexy.J. 2006. Metodelogi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Karya

Nurussalma, Nissa Bela. 2020. Efektifitas Metode Brainstorming Untuk Keterampilan Menyimak dan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas XI MAN 2 Kota. Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Sawitri. 2020. Penggunaan google meet untuk work from home di era pandemic coronavirus disease 2019 (COVID-19). Medan: Teknik Informatika Univesitas Harapan. http://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/161

Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Triyadi, Slamet. 2015. Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNSIKA Vol.3 no.2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.