PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN DITINJAU DARI KONSEP DIRI AKADEMIK SISWA

Ni Ketut Noriasih

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap pemahaman bacaan pada siswa kelas VII SMP Lab. Undiksha ditinjau dari konsep diri akademik tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini melibatkan populasi sebanyak 96 siswa yang diwakili oleh 64 siswa sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Random Sampling. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik undian untuk memilih kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji kesetaraan kelompok terhadap nilai pada waktu pemetaan kelas dilakukan dengan uji-t, dengan hasil tidak ada perbedaan yang signifikan antarkelompok (t= 1,08, p<0,05). Penelitian ini adalah jenis eksperimen semu dengan desain post test only control group dan menggunakan rancangan analisis faktorial 2 x 2. Data konsep diri dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner konsep diri dengan reliabilitas tes sebesar 0,836. Data mengenai pemahaman bacaan dikumpulkan dengan menggunakan tes pemahaman bacaan dengan koefisien reliabilitas 0,81. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan pemahaman bacaan siswa yang mengikuti model pembelajaran reciprocal teaching dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (FA = 5,584; p<0,05), 2) tidak terdapat perbedaan pemahaman bacaan siswa yang mengikuti model pembelajaran Reciprocal Teaching dan yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada kelompok siswa yang memiliki  konsep diri tinggi (F = 1,697; p>0,05), 3) terdapat perbedaan pemahaman bacaan siswa yang mengikuti model pembelajaran Reciprocal Teaching dan yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada kelompok siswa yang memiliki konsep diri rendah (F= 4,565; p<0,05), dan 4) tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran terhadap pemahaman bacaan ditinjau dari konsep diri akademik siswa (F = 0,123; p> 0,05).

Berdasarkan temuan di atas disimpulkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching berpengaruh terhadap penguasaan bacaan siswa. Untuk siswa yang memiliki konsep diri tinggi, baik untuk model  pembelajaran Reciprocal Teaching maupun konvensional tetap lebih unggul dari siswa yang memiliki konsep diri rendah.

Kata kunci: model reciprocal teaching, pemahaman bacaan, dan konsep diri akademik

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.