PENGEMBANGAN TES OBJEKTIF PILIHAN GANDA BERBASIS TAKSONOMI ANDERSON DAN KRATHWOHL UNTUK KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INGGRIS KELAS VIII SMP DI KABUPATEN POSO, PROPINSI SULAWESI TENGAH.

Sulvia Fery Hanry Tondowala

Abstract


ABSTRAK

 

Tondowala , Sulvia Fery Hanry (2012), Pengembangan tes objektif pilihan ganda  Berbasis taksonomi anderson dan krathwohl  Untuk kemampuan membaca bahasa inggris Kelas viii smp di Kabupaten Poso, Propinsi Sulawesi Tengah.

Tesis, Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.

Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I : Prof. Dr. Nyoman Dantes dan Pembimbing II : Prof. Dr. AAIN. Marhaeni, M.A.

 

Kata Kunci: Tes Objektif Pilihan ganda, Taksonomi Anderson dan Krathwohl, dan membaca pemahaman bahasa inggris.

 

Penelitian ini merupakan model penelitian pengembangan yang diadopsi dari model pengembangan Sugiyono. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan tes objektif pilihan ganda berbasis taksonomi Anderson dan Krathwohl. Populasi penelitian yaitu SMP kelas VIII di Kabupaten Poso, Propinsi Sulawesi Tengah, dengan sampel penelitian berjumlah 250 orang siswa kelas VIII yang diambil dengan menggunakan tehnik cluster sampling dari 12 kelas pada 7 sekolah, dengan rincian sebagai berikut: 4 kelas dari SMP di kabupaten, 4 kelas dari SMP di Kecamatan dan 4 kelas dari SMP pedesaan.

Hasil penelitian menunjukan, bahwa instrumen tes yang dikembangkan telah mempunyai nilai validitas dan uji empirik yang cukup baik. Berdasarkan hasil uji lapangan dan analisis data ditarik simpulan sebagai berikut; (1) Kisi-kisi tes objektif pilihan ganda yang berdasarkan taksonomi Anderson dan Krathwohl memungkinkan pembuatan butir tes yang bervariasi untuk setiap jenis proses kognitif. (2) Validasi tes berbasis taksonomi Anderson dan Krathwohl yang meliputi: (a) Validitas isi sudah memenuhi syarat dengan melakukan melakukan uji judges, judges menyatakan instrumen relevan untuk diujicobakan. (b) Uji empirik instrumen pun dinyatakan sudah memenuhi syarat karena semua ketentuan yang harus ditempuh seperti; uji validitas butir, uji  tingkat kesukaran butir, daya beda dan uji efektivitas pengecoh, semuanya sudah dilakukan seperti yang telah ditentukan. (3) Reliabilitas tes objektif pilihan ganda berdasarkan taksonomi Anderson dan Krathwohl dinyatakan sudah memenuhi syarat karena konsistensi atau keajegan tes masih terhitung tinggi.

 

 

ABSTRACT

 

Tondowala, Sulvia Fery Hanry (2012), The Development of Anderson and Krathwohl Taxonomy Based Objective Test for English Reading Ability of Eight Grade Students of Junior High Schools in Poso Regency, Central Sulawesi Province.

Thesis. Educational research and Evaluation, Postgraduate Program, Ganesha University of Education.

 

This thesis has been corrected and approved by

Supervisor I     : Prof. Dr. Nyoman Dantes

Supervisor II   : Prof. Dr. A.A.I.N. Marhaeni, M. A.

 

Keywords: objective test, Anderson and Krathwohl Taxonomy, reading comprehension.

 

This research is a developmental research model which is adopted from Sugiyono. It aims at developing objective test which is based on Anderson and Krathwohl Taxonomy. The population of this research was eight grade students of junior high schools in Poso Regency, Central Sulawesi Province, while the sample was 250 eight grade students of which was taken using cluster sampling technique from twelve classes of seven schools: four classes from the junior high schools in the regency, four classes from the junior high schools in the subdistric, and four classes from the junior high schools in village area.

The findings of this research show that the instrument of the developed test has had adequate validity value and empirical test. Based on the field test and data analysis, the conclusion can be made as follows; (1) the blueprint of objective test which is based on Anderson and Krathwohl Taxonomy enables the development of the varied objective test for every type of cognitive process, (2) the validation tests which are based on Anderson and Krathwohl Taxonomy which include: (a) the content validity has fulfilled the requirement through the process of judges test, the judges stated that the instrument is relevant to be tried out, (b) the empirical test proved that the instrument has fulfilled the requirement since all of the requirements; item validity test, index of difficulty test, index of discrimination test, and distracter effectiveness test have been done properly, (3) the reliability test for the objective test proved that the instrument has fulfill the requirement since the consistency of the test can be categorized as high.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.