UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENERAPKAN METODE KONSTRUKTIVISTIK SISWA KELAS VII G SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

I Putu Krisna Sunarjaya

Abstract


Tujuan melakukan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia dengan Menerapkan Metode Kontruktivistik siswa kelas VII G SMP Negeri 10 Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020  pada semester I.  Penelitian ini dilakukan terhadap 35 siswa merupakan subjek penelitian. Cara yang dilakukan adalah menambah gaya pembelajaran lama yang konvensional menjadi cara pembelajaran baru yang bersifat penemuan menggunakan model Pembelajaran Kontruktivistik.  Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklusnya dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Untuk mengumpulkan data hasil penelitian digunakan tes prestasi belajar dan untuk menganalisis datanya digunakan analisis deskriptif. Dilihat dari hasil evaluasi yang telah dilakukan terjadi peningkatan dari data awal dengan rata-rata 63,85, ketuntasan belajar 34,28%, pada siklus I rata-ratanya 69,14 meningkat menjadi 71,57 dengan ketuntasan belajar 97,14%. dengan demikian dapat disampaikan simpulan bahwa penerapan model Pembelajaran kontruktivistik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.

Budiningsih, C. A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Farid Moeloek,Nila, Prof. Dr,Dr. Komunikasi Kedokteran Konteks Teoritis Dan Praktis

Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok.

M. Yusuf, Pawit, Drs. 1990. Komunikasi pendidikan dan komunikasi intruksional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mullyana, Dedy, Prof, M.A., Ph.D. Komunikasi Kontekstual. Bandung: Rosda. 2011

Supratinya, A Dr. 1995. Komunikasi Antar Pribadi. Yogyakarta: Kanisius.

Usman, Husaini. Prisip Komunikasi dari buku Manajemen Teori Praktek dan Riset edisi kedua.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.