Esai tentang Dampak Media Sosial terhadap Perkembangan Psikologis Siswa Karya Siswa SMA Unggulan Sekota Denpasar (Kajian Analisis Wacana Kritis)

Yuni Santika Dewi, N. Sudiana, Arifin .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif  kualitatif  yang bertujuan untuk menganalisis struktur makro, super, dan mikro esai tentang dampak media sosial terhadap perkembangan psikologis siswa karya siswa SMA Negeri Unggulan Sekota Denpasar. Data penelitian ini berupa struktur makro, super, dan mikro yang bersumber dari  esai karya siswa SMA Negeri Unggulan Sekota Denpasar. Data penelitian diperoleh melalui metode dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data,  penyajian data, dan penyimpulan data.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) struktur makro esai tentang dampak media sosial terhadap perkembangan psikologis siswa beragam dari segi tema, meliputi tema yang mengungkapkan dampak positif, negatif, dan dampak positif dan negatif  penggunaan jejaring sosial bergantung pada penggunanya. . (2) Superstruktur pada esai siswa adalah seragam, meliputi summary, yang diawali dengan judul dan lead, dan story berupa uraian berupa pendahuluan, isi, penutup.  (3) Struktur mikro pada esai siswa dibangun dengan aspek semantik, sintaksis, stilistika, dan retoris yang bervariasi bergantung pada karakteristik penulis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa esai tentang dampak media sosial terhadap perkembangan psikologis siswa karya siswa SMA Negeri Unggulan Sekota Denpasar dapat dikatakan dibangun dengan struktur makro, super, dan mikro bervariasi. Oleh karena itu, hasil penelitian ini hendaknya dapat memperluas wawasan, kreativitas daya berpikir kritis siswa dan guru, serta bagi peneliti selanjutnya dapat digunakan sebagai referensi untuk mengadakan penelitian lanjutan.

 

Kata Kunci : wacana, analisis wacana kritis,  esai

Abstract

This research aimed at analyzing macro structure, super structure and micro structure used by the students to deliver their ideas in the form of essay about the effect of social media on students’ psychological development. The findings found were, firstly, the macro structure found on the essay about the effect of social media on students’ psychological development was categorized by three classification, such as: (1) the theme used which expressed the students’ positive point of view upon the social networking, (2) the theme used which expressed the students’ negative point of view upon the social networking, and (3) the theme used which expressed the students’ neutral point of view upon the social networking. Secondly, the super structure found on the essay about the implication of social media on students’ psychological development was alike. Thirdly, the micro structure found on the essay about the effect of social media on students’ psychological development was constructed from variety of semantic aspects, syntax aspects, stylistics aspects, and rhetoric aspects depended on students’ characteristics.

Key terms: discourse, critical discourse analysis,  essay


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.