UPAYA MENINGKATKAN SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI KELAS XII SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 DENPASAR DI KOTA DENPASAR

N.M. Rumiati, N. Martha, G. Artawan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sikap siswa kelas XII SMKN 1 Denpasar terhadap pembelajaran Sastra. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII. Objek penelitian ini adalah sikap siswa terhadap pembelajaran sastra, Dalam metode pengumpulan data, digunakan metode dokumentasi, observasi, wawancara. Cara menganalisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) upaya guru dengan menerapkan metode pembelajaran berpuat pada guru dan berpusat pada siswa. (2) Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap sikap siswa, yaitu faktor fisiologis, psikologis, faktor sosial. (3) Kendala-kendala dihadapi guru, yaitu mengaitkan komponen-komponen pembelajaran.Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa guru menerapkan metode pembelajaran sebagai usaha meningkatkan sikap siswa. Ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap sikap siswa, ada kendala-kendala saat meningkatkan sikap siswa. Disarankan kepada guru, agar meningkatkan upaya dan cara mengajar,

Kata kunci: sikap siswa, pembelajaran, sastra Indonesia.

 

Abstract

This research aims for describing students attitude on class XII SMKN 1 Denpasar to learning literature. The subject is the students class XII SMKN 1 Denpasar. The object is students attitude to learning literature, The data collection method is used are documentation, observation, interview. Data analysis method, those are reduction, data report, conclusion and verification. The result of research shows (1) the teacher effort those are applying teacher centered method, student centered method. (2) Factors that influence, those are physiological factor, psychological factor, social factor. (3) Teacher constrains is when take a relation on the each of learning components. It can be concluded that the teacher applied several learning method as an effort of improving students attitude. There are factors influence to students attitude, there are constrains when improving students attitude. It is suggested to teacher for improve more the effort and teaching method.

 

Keywords: students attitude, learning, Indonesian literature.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.