PENGGUNAAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK NOVEL SISWA KELAS XI SMA NEGERI I LANGKE REMBONG
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul, ”Penggunaan Media Film Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik Novel pada siswa kelas XI SMA Negeri I Langke Rembong tahun pelajaran 2012/2013”. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan rancangan penelitian menggunakan model Kemmis dan Tanggart, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dengan wawancara, angket, tes, studi dokumentasi, dan observasi. Indikator keberhasilannya adalah minimal 85% siswa mencapai nilai KKM 75. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan hasil sebagai berikut. Hasil tes awal menunjukkan bahwa siswa yang tuntas sebanyak 17,5% saja. Hasil penelitian. nilai siswa siklus 1 menunjukkan bahwa 70% tuntas. Pada tes sikus 2, 97% tuntas. Siswa menunjukkan respon yang positif terhadap pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya pada materi mengkaji unsur intrinsik cerita. Siswa yang aktif terus meningkat, pada pratindakan hanya 23,5%, siklus 1 naik hingga 42% dan terus naik pada siklus 2, yaitu 76%. Dari hasil wawancara 97 % siswa aktif dalam kegiatan menganalisis novel dengan menggunakan media film.
Kata kunci: Peningkatan, Pemahaman, Unsur Intrinsik, Novel , Media Film
ABSTRACT
The title of this research is” The use of Film Media To Increase Ability In Undestanding Intrinsic Elements of Story At Grade XI Students of Senior High School Negeri 1 Langke Rembong Academic Year 2012/2013”. This Action Research Class used Kemmis and Tanggart model, which is consist of, planning, implementation, observation, and reflection. The data collection used interview, inquiry, test, documentation study and observation tecnhique. Its success indicator is 85 % of students get 75 as minimal standard. This research have two cycle and each result. The result of first cycle indicated there are 17,5 % students who passed the examination. Observation students value at first cycle indicated that 70 % passed the test. At the second cycle there are 97 % passed the test. The students have positive response in Indonesian subject. students participation during the class is improve of 23,5 % at pre-action to 42 % at first cycle and 76 %at second cycle
Keywords: Improvement, Understanding, IntrinsicElements, Novel, audiocisuaol.Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.