PENGGUNAAN TINDAK TUTUR PENOLAKAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMA UNGGULAN SEKOTA DENPASAR

I Pt. Oka Suardana, I N. Suandi, Dr. Arifin

Abstract





Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggabarkan dan menjelaskan (1) bentuk tindak tutur penolakan siswa selama pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas X SMA unggulan se-Kota Denpasar, (2) srategi yang digunakan siswa, dan (3) dampak dari tindak tutur penolakan yang diungkapkan siswa terhadap situasi pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan rancangan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri unggulan se-Kota Denpasar. Data penelitian ini diperoleh menggunakan metode (1) observasi dan (2) wawancara. Data dianalisis menggunakan tahapan (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penyimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) bentuk tindak tutur penolakan siswa ditemukan ada tiga jenis yaitu tuturan bermodus deklaratif, interogatif, dan imperatif.(2) Strategi yang digunakan untuk mengungkapkan tuturan penolakan secara umum ada strategi langsung dan strategi tidak langsung. Penggunaan strategi juga disesuaikan dengan bentuk tuturan yang digunakan. (3) Dampak yang ditimbulkan terhadap pembelajaran ada efek positif dan efek negatif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan tindak tutur penolakan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA unggulan se-Kota Denpasar mempunyai bentuk, strategi, dan dampak tersendiri terhadap pembelajaran bahasa Indonesia.

Kata Kunci: tindak tutur, penolakan, pembelajaran, bahasa Indonesia


Abstrack
This research aimed to describe and explain (1) students speech act of refusal form, (2) strategy are used by the sudents, dan (3) impact because refusal. To reach that aim, this study used descriptive research design. Subject for this study were X grade students at favorite state high school in Denpasar. The data in this study obtained using the methods (1) observation, and (2) interviews. Data were analyzed using qualitative descriptive analysis model through the following procedures: (1) data reduction, (2) classification and description of data, and (3) the conclusion of data. The results of this study is (1) there are three kind students speech act of refusal form, decklarative, introgative, and imperative type of utterance. (2) The general strategy are using direct and indirect speech depend the form was used. (3) The impact have made from this students refusal is positive impact and negative impact.

Key Words: speech act, refusal, learning process, Indonesian language

Refbacks

  • There are currently no refbacks.