PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMPN 4 SOROMADI KABUPATEN BIMA NTB
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan media gambar, meningkatkan kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan media gambar, dan mengetahui respon siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Subjek tindakan dalam penelitian 33 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Metode observasi, metode tes, dan metode kuesioner yang kemudian dianalisis menggunakan metode kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh: (1) langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan media gambar, antara lain; Menjelaskan materi tentang menulis teks berita, memperkenalkan media gambar, membagikan media gambar, menjelaskan penggunaan media gambar dalam pembelajaran menulis teks berita, memberikan contoh menulis teks berita, menugaskan siswa mengamati gambar yang telah dibagikan, menugaskan siswa untuk menulis teks berita, mengumpulkan hasil menulis teks berita siswa, mengadakan refleksi dan menyimpulkan pelajaran yang telah dilakukan. (2) terjadi peningkatan kemampuan menulis teks berita pada siswa, dari skor rata-rata kemampuan siswa sebelum tindakan 60,12 meningkat menjadi 63,24 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 73,91 pada siklus II. (3) 93,94% siswa memberikan respon sangat positif terhadap penggunaan media gambar dalam pembelajaran menulis teks berita.
Kata Kunci: media gambar, kemampuan menulis, teks berita.
Abstract
This research purposed to know the steps of the learning of writing a report by using drawing media, increased the ability of writing a report by using drawing media and knew the respond of the student after join the study of writing by using drawing media. This research was a class action research with two cycles. The population was 33 people. The data collection method that used were observation method, test method, and questioner method that would be analyzed with kualitatif method and describe statistic. The result are: (1) the steps of learning progress by using drawing media; explain the material of write the report, introduce the drawing media, give the drawing media, explain the used of drawing media in learning progress, give the example of writing report, give an assignment the student to inspect the pictures that were given, give the assignment the student to write report, collect he student assignment of report writing, do the reflection and conclude the learning progress in used (2) the increasment of writing report abilility accours, and the mean of scores before action increase from 60,12 to 63,24 in cycle I and increase again into 73,91 in cycle II. (3) 93,94% students give a positive respond of the using drawing media in writing report.
Keyword: drawing media, writing report.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.