Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Diskusi Debat Terhadap Kemampuan Berpikir Analitik Mata Pelajaran PPKn Ditinjau dari Sikap Sosial Siswa X MM SMK PGRI 2 Badung

I PUTU AGUS PUTRA ADNYANA ., Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS ., Prof. Dr. I Wayan Koyan,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis debat terhadap kemampuan berpikir analitik PKn ditinjau dari sikap sosial siswa kelas X MM SMK PGRI 2 Badung dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Sampel penelitian ini berjumlah 54 siswa dengan sistem random sampling terhadap kelas. Pengambilan data dilakukan dengan kuisioner dan tes. Data diolah dengan Anakova satu jalur. Hasil penelitiannya adalah: (1) kemampuan berpikir analitik PKn siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual berbasis debat lebih baik dari siswa yang belajar dengan model konvensional sebelum kovariabel sikap sosial dikendalikan (Fhitung=15,696;P<0,05); (2) setelah kovariabel sikap sosial dikendalikan, siswa yang belajar dengan model pembelajaran kontekstual berbasis debat memiliki kemampuan berpikir analitik PKn yang lebih baik dari siswa yang belajar model konvensional (Fhitung=9,748;P<0,05); (3) sikap sosial memberikan kontribusi positif terhadap kemampuan berpikir analitik PKn, dengan kontribusi sebesar 16,4%. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis debat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitik PKn ditinjau dari sikap sosial siswa.
Kata Kunci : Debat, Berpikir Analitik, Sikap Sosial

This study was intended to investigate the effect of contextual teaching learning (CTL) based-debate upon civics analytical thinking skill reviewed from students’ social attitude Grade X Multimedia SMK PGRI 2 Badung. Hence, Post Test Only Control Group Design was applied. The sample was 54 students by applying Random Sampling. Students’ Analytical thinking skill was measured using post test and students’ attitude was measured using questionnaire. One-way ANACOVA Analysis was used to analyze data. The results shows: (1) students’ Civics analytical thinking skill who apply CTL based-debate is better than students who apply Conventional Model before social attitude covariance controlled which showed from Ftest=15.696;P<0.05; (2) the students who apply CTL based-debate gain better analytical thinking skill than conventional model after social attitude covariance controlled which showed from the result of Ftest=9,748;P<0.05; (3) social attitude delivers positive contribution upon students’ civics analytical thinking skill and contributes 16.4%. It can be concluded that the application of CTL based-debate upon civics analytical thinking skill affects students’ social attitude.
keyword : Debate, Analytical thinking, Social Attitude

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v4i1.1092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.