PENGARUH IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN ASESMEN OTENTIKTERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DALAM BAHASA INGGRIS PADA SMP NEGERI 1 PAYANGAN

COKORDA GEDE SAROTAMA ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA ., Prof. Dr. Nyoman Dantes .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pendekatan kontekstual dan asesmen otentik terhadap kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris siswa SMP Negeri 1 Payangan tahun pelajaran 2013/2014. Rancangan penelitian ini adalah the post test only control group design. Sampel penelitian sebanyak 124 orang siswa kelas VII yang dipilih dengan teknik random sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis varian dua jalan dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran kontekstual dan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dengan asesmen terhadap kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris, (3) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris antara siswa yang mengikuti pembelajaran pendekatan kontekstual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konvensional, pada siswa yang mengikuti asesmen otentik, (4) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran kontekstual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konvensional, pada siswa yang mengikuti asesmen konvensional
Kata Kunci : asesmen otentik, kemampuan menulis bahasa inggris, pendekatan kontekstual

This study aims to investigate the effect of contextual learning approach and authentic assessment implementation toward student’s ability in writing English in SMP 1 Payangan academic years 2013/2014. The design of the research was post test only control group design. The sample of this study consisted of 124 seventh grade junior high school students selected by using random sampling technique. Data obtained were analyzed using two-ways analysis of variance,and then continued with Tukey test. Based on data analysis, it is found that : (1) There is a significant difference in English writing ability between students who followed contextual learning approach and those who followed conventional learning approach. (2) There isa significant interaction effect between learning approach and assessment towardstudent’s English writing ability. (3) There is a significant difference in English writing ability, between students who followed contextual learning approach and those who followed conventional learning approach. For those who followed authentic assessmen.(4) There is a significant difference in English writing ability between students who followed contextual learning approach and those who followed conventional learning approach. For those who followed conventional assessment.
keyword : Authentic Assessment, Contextual Learning Approach, English Writing Ability



DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v4i1.1342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.