PENGARUH IMPLEMENTASI ASESMEN PROJEK TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 DENPASAR DENGAN KOVARIABEL KEMAMPUAN NUMERIK

Made Deddy Darmawan, I Made Candiasa, Ni Ketut Widiartini

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi asesmen projek terhadap hasil belajar dasar dan pengukuran listrik siswa kelas X di SMK Negeri 1 Denpasar dengan kovariabel kemampuan numerik. Penelitian ini menggunakan desain single factor independent groups design with use of covariate dengan teknik analisis kovarian (Anakova) 1 jalur. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Ketenagalistrikan di SMK Negeri 1 Denpasar tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut (1) Terdapat perbedaan hasil belajar dasar dan pengukuran listrik antara kelompok siswa kelas X yang mengikuti pembelajaran menggunakan asesmen projek dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan asesmen konvensional (t-hitung = 3,5894 dan F = 12,88379). (2) Terdapat perbedaan hasil belajar dasar dan pengukuran listrik antara kelompok siswa kelas X yang mengikuti pembelajaran menggunakan asesmen projek dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan asesmen konvensional setelah diadakan pengendalian pengaruh kemampuan numerik pada siswa kelas X (F*A = 30,64). (3) Kemampuan numerik memiliki kontribusi signifikan terhadap hasil belajar dasar dan pengukuran listrik pada siswa kelas X dengan kontribusi 86,23686%.

 

Kata kunci: Asesmen Projek, Hasil Belajar, Numerik

 

Abstract

The purpose of this research are to find out the influence of the assesment implementation project toward the study result of electrical basic and measurement for the tenth grade students in SMKN 1 DENPASAR by numeric covariable ability. The research uses the single factor independent groups design with use of covariate by one line covarian analysis technique (Anacova). The population of the research is all the tenth grade students 2016-2017 electrical program in SMK Negeri 1 Denpasar. This research uses the saturate sampling method. The result of the study show some result: (1) There are diferences in the study result of the basic study and measurement between the students who joint assesment implementation project and those who use conventional method (t: 3, 5894 and F: 12,88379). (2) There are differences between the students who joint the project and who don't joint the project assesment after the numeric assesment influence the students ability (F: 30,64). (3) Numeric ability had significant influence towards the study result of electrical basic and measurement (86,23686%).

 

Keywords: project assesment, study result, numeric


Full Text:

PDF

References


Candiasa. 2011. Statistik Multivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha Press.

Candiasa. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.

Candiasa. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha Press.

Dantes. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Dantes. 2014. Landasan Pendidikan Tinjauan Dari Dimensi Makropedagogis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Marhaeni. 2008. Pembelajaran Berbasis Asesmen Otentik dalam Rangka Implementasi Sekolah Kategori Mandiri (SKM). Makalah, disajikan pada Pelatihan Peningkatan Kinerja Guru SMA 1 Kediri Tabanan, dalam Rangka Implementasi SKM, tanggal 30 Desember 2008.

Rusmayani. 2013. Pengaruh Implementasi Asesmen Projek Terhadap Hasil Belajar Tik Dengan Kovariabel Kemampuan Numerik Dan Ekspektasi Karir Bidang Informatika (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Dharma Praja Badung) Tahun 2013/2014. Jurnal Penelitian Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, P. 2004. Teori Intelegensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah Cara Menerapkan Teori Multiple Intellegences Howard Gardner. Yogyakarta: Kanisius.

Supatni, Ni Made. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dengan Kovariabel Kemampuan Numerik Siswa Kelas VI Di SD Gugus II Bedulu. Jurnal Penelitian Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 tentang pendidikan http://www.kemenag.go.id /file/dokumen/UU2003.pdf (diunduh tanggal 7 September 2016).

Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widoyoko, Eko Putro. 2014. Penilaian Hasil Belajar Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yulianti, Sri. 2013. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Siklus Belajar Hipotesis- Deduktif Disertai Asesmen Projek Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Semarapura Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Penelitian Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v8i2.2743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.