PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN BENTUK ASSESSMENT KINERJA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES TIK UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KUTA

Kadek Ariek Kusuma Dewi, I Made Candiasa, Ni Ketut Widiartini

Abstract


Abstrak

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan bentuk asesmen kinerja terhadap keterampilan proses TIK. Sampel diambil dengan cara random dengan anggota sampel 147 orang. Rancangan dalam penelitian ini adalah post-test only control group. Data dianalisis dengan analisis varians (Anava) dua jalan dan uji Scheffe sebagai uji lanjut dan ditemukan hasil sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan proses TIK siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan proses TIK siswa yang diberikan asesmen kinerja dengan siswa yang diberikan asesmen esai; (3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dengan bentuk asesmen terhadap keterampilan proses TIK; (4) Keterampilan proses TIK siswa yang diberikan asesmen kinerja pada siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional; (5) Keterampilan proses TIK siswa yang diberikan asesmen esai pada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD; (6) Keterampilan proses TIK siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa yang diberikan asesmen kinerja lebih tinggi daripada siswa yang diberikan asesmen esai; (7) Keterampilan proses TIK siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa yang diberikan asesmen esai lebih tinggi daripada siswa yang diberikan asesmen kinerja.

 

Kata-kata kunci: asesmen, keterampilan proses TIK, STAD

 

Abstract

 This study aims to determine the effect of application of cooperative learning model of STAD and performance assessment of ICT process skills. The sample was taken randomly with a sample of 147 people. This research was designed by performing post-test only control group. The ICT process skill data is collected through a process skill test. Data were analyzed by two-way variance analysis (Anava) and Scheffe test as post-hoc test and the results revealed that: (1) There are significant differences between the ICT skills of students who follow the model of STAD cooperative learning with students who follow the conventional learning model; (2) There is a significant difference between the ICT process skill of the students who performed the performance assessment and  the students performed the essay assessment; (3) There is a significant interaction effect between the learning model and the assessment of ICT process skills; (4) The ICT process skills of the students who applied performance assessment on the STAD cooperative learning model is higher than the students who implemented the conventional learning model; (5) The ICT process skills of the students who applied essay assessment on the conventional learning model is higher than the students who implemented the STAD cooperative learning model;(6) The ICT process skills of the students who perfomed the model of STAD cooperative learning on the performance assessment is higher than the students who performed the essay assessment; (7) The ICT process skills of the students who perfomed the model of conventional learning on the essay assessment is higher than the students who performed the performance assessment.

 

Keywords: assessment, ICT process skills, cooperative learning model of STAD


Full Text:

PDF

References


Candiasa. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha Press.

Dantes. 2008. Hakikat Asesmen Otentik Sebagai Penilaian Proses dan Produk dalam Pembelajaran yang Berbasis Kompetensi. Makalah disampaikan pada In House Traning (IHT) SMA Negeri 1 Kuta Utara tanggal 22 Mei 2008.

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Kimia Sekolah Menengah dan Madrasah Aliyah. Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas. 2006. Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Marhaeni. 2008. Pembelajaran Berbasis Asesmen Otentik dalam Rangka Implementasi Sekolah Kategori Mandiri (SKM). Makalah, disajikan pada Pelatihan Peningkatan Kinerja Guru SMA 1 Kediri Tabanan, dalam Rangka Implementasi SKM, tanggal 30 Desember 2008.

Mariani. 2014. Pengaruh Implementasi Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar Membaca Bahasa Jepang Ditinjau dari Tingkat Kecemasan Belajar Siswa Kelas XI Akomodasi Perhotelan Pada SMK Negeri 1 Tegallalang. Tesis. Program Pasca Sarjana Undiksha Singaraja.

Parwata. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tutor Sebaya Terhadap Kreativitas Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa (Studi Eksperimen Pada Para Siswa Kelas X SMA Negeri I Payangan) . Tesis. Program Pasca Sarjana Undiksha Singaraja.

Rusmayani dkk. 2013. Pengaruh Implementasi Asesmen Projek Terhadap Hasil Belajar Tik Dengan Kovariabel Kemampuan Numerik Dan Ekspektasi Karir Bidang Informatika (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Dharma Praja Badung) Tahun 2013/2014. Jurnal Penelitian Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Santyasa, I. W. 2001. Pengaruh Belajar Kooperatif dan Modul Pengajaran Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SMUN 3 Singaraja. Usulan Penelitian (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Fisika, STKIP N Singaraja.

Santyasa. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Bahan Buku Ajar Fakultas Pendidikan Jurusan Pendidikan Fisika. Singaraja : IKIP Institut Pendidikan Fisika.

Suirdja. 2009. Pengaruh Model Pembelajaran Keterampilan Proses Sosial Terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Gugus IV Selemadeg Barat Kabupaten Tabanan. Tesis. Program Pasca Sarjana Undiksha Singaraja.

Virnayanthi. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions dan Bentuk Asesmen terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Mas – Ubud. Tesis. Program Pasca Sarjana Undiksha Singaraja.

Wartika. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kuta. Tesis. Program Pasca Sarjana Undiksha Singarja




DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v8i2.2746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.