PENGARUH PERSEPSI SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DAN EKSPEKTASI KARIR TERHADAP REGULASI DIRI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa pada mata pelajaran biologi, ekspektasi karir, dan regulasi diri terhadap hasil belajar biologi. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan pendekatan jalur. Variabel eksogenus dalam penelitian ini adalah persepsi siswa pada mata pelajaran biologi dan ekspektasi karir, sedangkan variabel endogenusnya adalah regulasi diri dan hasil belajar biologi. Penelitian ini dilakukan di SMA Laboratorium Undiksha Singaraja pada siswa kelas X MIA dengan besar sampel 43 orang siswa. Data persepsi siswa pada mata pelajaran biologi, ekspektasi karir, dan regulasi diri dikumpulkan dengan angket, sedangkan data hasil belajar diperoleh dari nilai ulangan harian dan penilaian akhir semester. Data dianalisis dengan analisis jalur (pathway analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa pada mata pelajaran biologi terhadap regulasi diri, 2) ada pengaruh yang signifikan ekspektasi karir terhadap regulasi diri 3) ada pengaruh langsung persepsi siswa pada mata pelajaran biologi terhadap hasil belajar biologi 4) ada pengaruh langsung ekspektasi karir terhadap hasil belajar biologi 5) ada pengaruh tidak langsung persepsi siswa terhadap hasil belajar biologi melalui regulasi diri, dan 6) ada pengaruh tidak langsung ekspektasi karir terhadap hasil belajar biologi melalui regulasi diri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar biologi dapat diupayakan dengan peningkatan persepsi siswa, ekspektasi karir, dan regulasi diri.
Kata kunci: ekspektasi karir, hasil belajar biologi, regulasi diri, persepsi
Abstract
This study aims to determine the effect of students' perceptions on biology subjects, career expectations and self-regulation towards biology learning outcomes. This research was an ex-post facto with pathway approach. Exogenous variables in this study were students' perceptions on biology subjects and career expectations, while endogenous variables were self-regulation and biology learning outcomes. This research was conducted at SMA Laboratorium Undiksha Singaraja in X Grade Natural Science students with total sample were 43 students. The data in this study were collected using student perception questionnaires on biology subjects, career expectations, and self-regulation. While learning outcomes data was collected from tests and final test. Data was analyzed by pathway analysis. The result show 1) there are effects of students 'perception on biology subject toward self-regulation, 2) there are effects of career expectation toward self-regulation, 3) there are direct effects of students' perception on biology subject toward biology learning outcomes, 4) there are direct effects of career expectations toward biology learning outcomes, 5) there are indirect effects of students' perception on biology subject toward biology learning outcomes through self-regulation, and 6) there are indirect effects of career expectations toward biology learning outcomes through self-regulation. So it can be conclude that the improvement of biology learning outcomes can be pursue from increase of student perception , carrer expectation, and self-regulation.
Keywords : career expectations, learning outcomes, self-regulation, studens’ perception
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, Puspita. 2015. Hubungan Antara Persepsi terhadap Tugas Akademik dan Atraksi Interpersonal Siswa terhadap Guru dengan Regulasi Diri Siswa Program Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Negeri 10 Samarinda. E-Journal Psikologi Volume 3 Nomor 2. (hal. 504-516).
Fritz1, Barbara Smolej dan Cirila Peklaj. 2009. Self-regulated Processes as Predictors of Students’ Achievement in Music Theory in Slovenian Elementary Music Schools. Horizons of Psychology. Volume 18 Nomor 4. (hal. 5-18).
Hussaini, Iliyasu., Lee Ming Foong1., dan Yahya Kamar. 2015. Attitudes of Secondary School Students towards Biology as a School Subject in Birninkebbi Metropolis, Nigeria. International Journal of Research & Review Volume 2 Nomor 10. (hal. 596-600).
Irmayanti, L.P.Susy.,I.M. Yudana2., dan A.A.I.N.Marhaeni. 2013. Kontribusi Persepsi Siswa tentang Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran, Kemampuan Verbal, dan Ekspektasi Karir terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas XI IPA pada SMA Negeri Di Kecamatan Tabanan. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Volume 4.
Istriyanti, N.L.A. dan Nicholas, S. 2014. Hubungan Antara Regulasi Diri dan Perencanaan Karir pada Remaja Putri Bali. Journal Psikologi Udayana Volume 1 Nomor 2. (hal. 301-310).
Krisnawan, I Ketut Maha. 2013. Kontribusi Ekspektasi Karir, Motivasi Belajar Siswa dan Kualitas Sarana Laboratorium terhdapat Kualitas Pelaksanaan Pembelajaran Praktikum. Tesis (tidak diterbitkan). Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Manrihu, Mohammad Thayeb.1992. Pengantar Bimbingan dan Konseing Karier. Jakarta: Bumi Aksara.
Prokop, Pavol., Matej Prokop., dan Sue Dale Tunnicliffe. 2007. Is Biology Boring? Student Attitudes Toward Biology. JBE Volume 42 Nomor 1. (hal. 36-39).
Rozali, Y. A. 2014. Hubungan Self Regulation dengan Self Determination (Studi Pada Mahasiswa Aktif Semester Genap 2013/2014, Ipk ≤ 2.75, Fakultas Psikologi, Universitas X, Jakarta). Jurnal Psikologi Volume 12 Nomor 2. (hal. 61-66).
Sadiyah, Rika. 2016. The Correlation of Attachment, Self Regulation, Autonomy to Social Intelligences. Makalah disajikan dalam The 2nd International Multidisciplinary Conference. Jakarta, 2016 November.
Sarwono, Sarlito Wirawan. 2010. Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Susanto, Handy. 2006. Mengembangkan Kemampuan Self Regulation untuk Meningkatkan Keberhasilan Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur Volume 5 nomor 7. (hal. 64-71).
Timbowo, Elfira. 2014. Determinasi Komitmen Kerja Guru, Kualitas Pengolahan Pembelajaran, dan Ekspektasi Karir terhadap Prestasi Belajar Bahasa Jepang. Tesis (tidak diterbitkan). Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Zimmerman, Barry J. 2008. Investigating Self-Regulation and Motivation: Historical Background, Methodological Developments, and Future Prospects. American Educational Research Journal Volume 45 Nomor 1.(hal.166-183).
DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v8i2.2751
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.