STUDI EVALUATIF BERBASIS MODEL CSE-UCLA TENTANG EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PROGRAM GENDER MAINSTREAMING MELALUI PEMBERDAYAAN POLWAN PADA BIDANG OPSNAL POLRI DI POLRES BULELENG

Devi Arisuryami, Nyoman Dantes, I Gede Sudirtha

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis efektifitas Implementasi Program Gender Mainstreaming Polri melalui Pemberdayaan Polwan pada bidang Opsnal Polri di Polres Buleleng Polda Bali dengan model CSA-UCLA (System Assesment, Program Planning, Program Implementation, Program Improvement dan Program Certification). Responden pada penelitian ini adalah 5 orang Kepala Satuan Kerja (Kasatker)/Atasan Langsung Polwan, 25 orang Polisi Laki-laki (Polki)/Rekan Kerja, 23 orang Polwan Polres Buleleng, 25 orang Tokoh Masyarakat dan 100 orang masyarakat di wilayah Hukum Polres Buleleng. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, dokumentasi dan wawancara.  Data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif dan diverifikasi dengan kuadran Glickman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum berjalan dengan baik dan berada pada kuadran I yaitu terkategori efektif. Hal ini didukung oleh kepuasan masyarakat dan tokoh masyarakat di wilayah hukum Polres Buleleng yang merasa puas terhadap kinerja Polwan pada bidang opsnal Polri di Polres Buleleng. Namun terdapat hasil berbeda yang ditemukan pada penelitian yaitu efektifitas Implementasi Program Gender Mainstreaming Polri melalui Pemberdayaan Polwan pada bidang Opsnal Polri di Polres Buleleng kepada Polki/Rekan Kerja dan Polwan Polres Buleleng berada di kuadran III yaitu terkategori kurang efektif.

 Kata-kata kunci:  Evaluasi Program, Model CSE-UCLA, Efektivitas, Program Gender Mainstreaming, Polwan pada Bidang Opsnal Polri.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v9i1.2769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.