EVALUASI DISKREPANSI TERHADAP IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA TEMA ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN KELAS V SD DI KECAMATAN DENPASAR BARAT

Luh Gede Gellyna Pravitayani, Nyoman Dantes, I Made Candiasa

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui diskrepansi pendekatan saintifik terkait implementasi pendekatan saintifik pada muatan pelajaran matematika tema organ tubuh manusia dan hewan kelas V SD di Kecamatan Denpasar Barat. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan model diskrepansi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas V SD Negeri di Kecamatan Denpasar Barat yang terdiri dari 8 gugus dan terdapat 55 sekolah. Sampel ditentukan dengan teknik Multistage Random Sampling dalam 3 tahap. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner persepsi guru, lembar observasi pembelajaran berpendekatan saintifik, dan dokumentasi untuk mengetahui hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskripyif kuantitatif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) diskrepansi yang terjadi terkait perencanaan pembelajaran berpendekatan saintifik sebesar 32,28 tergolong kategori kecil; (2) diskrepansi yang terjadi terkait pelaksanaan pembelajaran berpendekatan saintifik sebesar 32,79 tergolong kategori kecil; (3) diskrepansi yang terjadi terkait penilaian pembelajaran berpendekatan saintifik sebesar 34,74 tergolong kategori kecil; (4) diskrepansi yang terjadi terkait implementasi pembelajaran berpendekatan saintifik sebesar 33,27 tergolong kategori kecil; (5) persepsi guru tentang pendekatan saintifik sebesar 74,71 dengan kategori baik; (6) rata-rata nilai matematika tema organ tubuh manusia dan hewan sebesar 67 dengan kategori baik, dan; (7) tidak terdapat kontribusi antara kualitas pengelolaan proses pembelajaran berpendekatan saintifik dengan hasil belajar matematika tema organ tubuh manusia dan hewan kelas V SD di Kecamatan Denpasar Barat, dengan kategori korelasi sangat rendah.

Kata Kunci: evaluasi, diskrepansi, pendekatan saintifik

 

Abstract

This study aims to determined the magnitude of discrepancy scientific approach on the mathematics subjects of human and animal organs theme at grade 5th elementary school in West Denpasar Sub-district. This research was evaluative research with discrepancy model. The population in this research was the grade 5th (fifth) teachers of elementary school in West Denpasar Sub-district which cinsist of 8 clusters and 55 school. The sample were determined by Multistage Random Sampling technique in three stages. Data were collected by using teacher perception questionnaire, observation sheet of the scientific approach, and documentation to find out the results of mathematics learning. Data were analyzed by using quantitative descriptive analysis technique and product moment correlation analysis. The result of this study indicated indicated (1) the discrepancy thatoccurs related to the learning plan of scientific approaches is about 32,28 with small category; (2) discrepancy that occurs related to implementation of science-based learning is about 32,79 with small category; (3) discrepancy related to the assessment of the scientific approach learning amouted to 34,74 in the small category; (4) the discrepancy that occured related to the implementation of science based learning approaches amouted to 33,27 to small category;  (5) the teachers perception abaout the scientific approach is 74,71 with good category; (6) the average mathematical value on the theme of human and animal organs of 67 in the medium category, and; (7) there is no contribution between the quality of management learning process of scientific approach with the result of mathematics learning on the theme human and animal organs in West Denpasar Sub-distric, with very low correlation categories.

 

Keywords: Evaluation, discrepancy, scientific approach

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v9i1.2805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.