PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ASESMEN PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARANPEMBERIAN OBAT DAN NUTRISI DI KELAS XI SMK KESEHATAN VIDIA USADHA SINGARAJA

Lia Rusmayani, AAIN Marhaeni, nyoman Dantes

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah merancang mengimplementasikan asesmen portofolio pada mata pelajaran pemberian obat dan nutrisi di SMK Kesehatan Vidia Usadha Singaraja. Subyek perancangan pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran pemberian obat dan nutrisi berjumlah 2 (dua) orang guru yang diimplementasikan kepada 46 (empat puluh enam) orang siswa di kelas XI yang masing-masing berjumlah 23 (dua puluh tiga) orang siswa di kelas XI.1 dan kelas XI.2. Penelitian ini dirancang dalam wujud penelitian dan pengembangan ( Research and Development) dengan model 4-D. Analisis data dilakukan melalui tahapan: analisis kebutuhan diperoleh informasi semua kompetensi dasar yang terdapat pada mata pelajaran pemberian obat dan nutrisi di semester II membutuhkan asesmen portofolio serta bentuk dari asesmen portofolio, menganalisis silabus mata pelajaran pemberian obat dan nutrisi sesuai dengan bentuk asesmen portofolio, membuat kisi-kisi instrument yang terdiri dari 7 (tujuh) butir, melakukan uji validitas isi semua butir yang hasilnya dinyatakan valid, hasil uji validitas isi yang dianalisis menggunakan formula Gregory diperoleh validitas hitung sebesar 1,00, sedangkan data uji coba validitas empiris dianalisis menggunakan formula korelasi Product Moment sehingga diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,7577. Berdasarkan analisis tersebut diinterpretasikan bahwa instrument memiliki nilai koefisien korelasi antara variabel X1 dan variabel X2. Dua variabel dikorelasikan bergerak antara 0,600 sampai dengan 0,800 sehingga dapat disimpulkan instrument yang sudah dirancang memiliki kategori tinggi.

 

Kata-kata Kunci :  Kata Kunci: Asesmen Portofolio, Pemberian Obat dan Nutrisi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v9i2.2937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.