PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI DITINJAU DARI SIKAP SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GIANYAR )

I DESAK NYOMAN SERI ADNYANI

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan desain eksperimen post test only control group design yang bertujuan untuk meneliti pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan tipe STAD dengan sikap siswa terhadap prestasi belajar ekonomi pada kelas X SMA Negeri 1 Gianyar. Penelitian ini melibatkan 198 siswa sebagai sampel penelitian yang diambil secara random sampling. Data prestasi belajar diperoleh melalui tes prestasi belajar ekanomi dan data sikap siswa pada pelajaran ekonomi dikumpulkan dengan mengunakan kuesioner. Kedua instrumen telah divalidasi sebelumdikenakan pada sampel penelitian. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis Varian (ANAVA) dua jalur dilanjutkan dengan uji Tukey.

Berdasarkan analisis data, ditemukan sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan secara signifikan prestasi belajar ekonomi antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan tipe STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. (FA=22,534 dengan P < 0,05). (2) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dengan sikap siswa terhadap prestasi belajar ekonomi (FAB=129,909 dengan P < 0,05.  (3) terdapat perbedaan secara signifikan  prestasi belajar ekonomi antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada kelompok siswa yang memiliki sikap positif pada pelajaran ekonomi (Q = 20,124 dengan  P < 0,05).            (4) terdapat perbedaan secara signifikan prestasi belajar ekonomi antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran  konvensional pada kelompok siswa yang memiliki sikap negatif pada pelajaran ekonomi(Q = -8,082 dengan P < 0,05).

Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan tipe STAD  mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Untuk memperoleh hasil yang lebih baik, maka sikap siswa pada pelajaran ekonomi perlu dipertimbangkan.

 

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Sikap, dan Prestasi belajar.

 

ABSTRACT

 

This research applied  experiment design of posttest – only control group,  with the objective to determine the effect of cooperative learning model jigsaw type  and STAD  type  as well as student’   attitude on economic learning  on the students’ economic learning achievement  at students of grade X of SMA N 1 Gianyar in academic year 2011/2012. This research involves 198 students as research subjects  taken by using   random sampling technique. Data on learning achievement  were obtained through administering economic achievement test, and economic learning  attitude data were collocted through conducting attitude questioner. Both instruments have been validated prior applied to the research samples. Next, the data obtained were analyzed by ANAVA ( Analysis of Variants) 2 ways with F test, which was followed by Tukey test.

Based on data analysis,  it was found as fallows . (1) There was  a significant difference in the  economic learning achievement between students who  attended  cooperative learning model  jigsaw type and  STAD type   with those who  attended conventional model ( FA = 22,534  with   p < 0,05).  (2) There was  significant  interaction effect between the implementation of learning  model and students’ attitude on the students’ economic learning achievement (FAB = 129,909 with p < 0,05). (3)  There was significant a difference in the economic learning achievement between students who attended cooperative  model and those who attended conventional teaching model for students who had positive attitude (Q= 20,124 with p < 0,05). (4) There was a significant  difference in the  economic learning achievement between students who attended cooperative learning model and those who attended conventional teaching model for  students who had negative  attitude  (Q = 8,082 with  p < 0,05).

Based on findings , it could be concluded that  cooperative learning model  has a great effect on the economic learning achievement . The implementation of cooperative learning model could increase the economic learning achievement. To get a better result the student’ attitude  on economic learning should be taken into consideration .

 

Key Words                  :  Cooperative Learning,  Attitude, Learning Achievement

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v2i1.365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.