PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN DIRI PADA MATA PELAJARAN AGAMA KATOLIK KELAS X SMA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen diri sebagai instrumen non-kognitif (non-tes) pada mata pelajaran Agama Katolik untuk mengukur kompetensi dasar yang memenuhi syarat kesahihan dan keterandalan yang meliputi (1) mendeskripsikan cara mengembangkan instrumen asesmen diri yang valid dan reliabel untuk menilai hasil belajar PAK (2) untuk memformulasikan cara menemukan instrumen asesmen diri yang valid dan reliabel untuk menilai hasil belajar PAK. Pengembangan instrumen ini melalui beberapa tahap seperti kajian pustaka, pembuatan kisi-kisi instrumen, melakukan uji judges, melakukan revisi instrumen, melakukan pengumpulan data dan melakukan analisis data.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X SMA yang mengikuti pelajaran Agama katolik yang berjumlah 850 orang . Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 600 orang yang diambil dengan teknik multistage random sampling yaitu pengambilan sampel secara bertahap sesuai proporsi dari populasi pada masing-masing sekolah. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan bantuan program microsoft excel dalam perhitungan validitas dan reliabilitas.
Melalui uji pakar ada dua butir yang tidak valid. Hasil uji pakar dianalisis dengan menggunakan rumus Gregory dan mendapat nilai valid = 0.98. Analisis validitas menggunakan rumus korelasi product moment dengan taraf signifikansi 0.5% dengan r tabel 0.080 ditemukan 92 butir yang valid. Untuk menghitung reliablitas menggunakan rumus Alpha Cronbach, didapatkan nilai r= 0.89. Untuk mengetahui jumlah faktor pembentuk digunakan analisis faktor dengan cara eksplorasi dan rotasi sehingga diketahui ada 23 faktor yang terbentuk.
Kata Kunci: Pengembangan Instrumen, Asesmen Diri, Pendidikan Agama Katolik, kelas X SMA.
ABSTRACT
The purpose of this research is to develop an instrument of self-assessment as non-cognitive assessment in measuring the basic competent in Catholic Religion Studies for the tenth senior high school students; which are fulfilled standard of valid and reliable as following (1) to describe the way in finding an instrument which are valid and reliable to measure the result of Catholic religion studies (2) To formulate the way in finding an instrument of self-assessment which are valid and reliable to measure the result of Catholic religion studies. The development of this instrument passes several steps as follow: library research, the blue print, judge testing, revision, data collection, and data analyzing.
The population of this research is the tenth senior high school students who are attending the Catholic religion classes. The number of sample in this research is 600 which are chosen by multistage random sampling which means stage by stage sampling in accordance with the proportion of the population in each respectively school. The data collection is through questioners. The data analysis is used the Microsoft excel program in calculating the value of validity and reliability.
Through content validity testing by the experts, there are two items were drop. The result of content validity testing is analyzed by the formula of Gregory and index was 0.98. The data analysis is used the formula of correlation Product moment at the 0.5% level of significance (r table=0.080), and it was found 92 items were valid. To get the value if reliability was used the formula of Alpha Cronbach and it was gotten the value of r = 0.89. To know how many factors are formed used the factoring analysis. It found 23 factors was found after the process of exploration and rotation.
Key words: Developing an Instrument, self-assessment, and Catholic Religion Education, and Tenth Senior High School.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v2i1.368
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.