PENGARUH PENERAPAN MODEL E-PEMBELAJARAN BERBASIS WEB TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DITINJAU DARI ASPEK MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada para Siswa SMA Negeri 1 Payangan)
Abstract
ABSTRAK
Adhi Wijaya, Komang (2012), Pengaruh Penerapan Model E-Pembelajaran Berbasis Web Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Ditinjau Dari Aspek Motivasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Payangan).
Tesis, Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.
Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh : Pembimbing I : Prof. Dr. Made Candiasa,M.Ikom dan Pembimbing II : Prof. Dr. I Nyoman Natajaya,M.Pd
Kata kunci : E-Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar TIK Siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model E-pembelajaran terhadap hasil belajar TIK siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Payangan pada tahun pelajaran 2011/2012 dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas XI IPA1 dan XI IPS2 sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas XI IPA2 dan XI IPS1 sebagai kelompok kontrol. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling. Data diperoleh dengan instrumen motivasi belajar dan instrumen hasil belajar TIK kemudian diolah menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur melalui uji F dilanjutkan dengan uji Tukey.
Hasil penelitian ini menunjukan : (1) secara keseluruhan hasil belajar TIK siswa yang mengikuti model E-pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional ditunjukkan hasil uji Fhitung = 5,42 signifikan pada α=0,05; (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar TIK Siswa, yang ditunjukan dari hasil FAB = 181,26 signifikan pada α=0,05; (3) untuk siswa yang memiliki motivasi tinggi, hasil belajar TIK siswa yang mengikuti model E-pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, ditunjukkan dari hasil nilai Qhitung = 77,36 signifikan pada α=0,05; (4) untuk siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, hasil belajar TIK siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model E-pembelajaran, ditunjukkan dari hasil nilai Qhitung = 54,55 signifikan pada α=0,05.
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model E-pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar TIK siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Payangan, serta memberikan implikasi agar guru dalam menerapkan model E-pembelajaran memperhatikan motivasi belajar siswa.
ABSTRACT
Adhi Wijaya, Komang (2012), The Implementation Of Web Based E-Learning Model’s Effect Towards Information Communicationand Technology Achievement Viewed From Aspect Of Student’s Motivation (Experimental Study For XI Class SMA Negeri 1 Payangan)
Tesis, Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.
This thesis had been approved and assessed by : Supervisor I : Prof. Dr.Made Candiasa,M.Ikom and supervisor II : Prof.Dr. I Nyoman Natajaya,M.Pd
Key-words : E-Learning, Student’s learning motivation, information communication and technology achievement.
The research is conducted in order to find out and analyze the effect of E-learning model towards achievement of information communication and technology achievement viewed from aspect of student’s motivation. The population of the research are students of class XI SMA Negeri 1 Payangan in 2011/2012 by utilizing a Post-test Only Control Group Design. Objects of this research are students of class XI IPA and XI IPS2 as experiment group and Students of class XI IPA2 and XI IPS2 as control group. There were only 96 respondents selected based on random sampling. The data were collected by using learning motivation examination and result of information communication and technology test, and analized by analysis of variant (ANOVA) with F-test followed by Tukey-test.
The result indicated that: (1) in general the achievement of information communication and technology achievement, students joining E-Learning model higher than that of those joining a conventional model. The figure indicated that Fobserved = 5.42 significant of α=0.05; (2) There was an interacted effect between instruction model with the student’s motivation towards Information communication and technology achievement, the figure indicated that FAB= 181.26 significant of α=0.05; (3) For students having higher level of motivation, information communication and technology achievement was found higher than that of those joining conventional learning model. The figure indicated that Q-observed =77.36 significant of α=0.05; (4) For students having lower level of learning motivation, achievement of information communication and technology joining conventional learning model was found higher than that of those joining E-Learning model. The figure indicated that Q-observed =54.55 significant of α=0.05.
Based on the findings it could be concluded that the E-Learning model contributed towards information communication and technology achievement viewed on student’s learning motivation at class XI SMA Negeri 1 Payangan. This provided implication that when implementing this model the teachers should also consider student’s motivations.Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v2i1.371
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.