PENGARUH TKN TERHADAP SIKAP DEMOKRASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 UBUD
Abstract
ABSTRAK
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh TKN dalam pembelajaran PKn terhadap sikap demokrasi dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Ubud, dengan menggunakan metode eksperimen semu; melibatkan sampel sebanyak 64 orang yang diambil dengan teknik random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran yang dipilah menjadi dua, yaitu TKN yang dikenakan pada kelompok eksperimen dan pembelajaran konvensional yang dikenakan pada kelompok kontrol. Sebagai variabel terikat dalam penelitian ini berupa sikap demokrasi dan motivasi belajar. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang digunakan dalam menjaring data yaitu kuesioner sikap demokrasi dan kuesioner motivasi belajar siswa. Analisis data menggunakan ANAVA satu jalur dilanjutkan uji Tukey, dan Manova satu jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) sikap demokrasi siswa yang mengikuti TKN lebih baik daripada sikap demokrasi siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 2) motivasi belajar siswa yang mengikuti TKN lebih baik daripada motivasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 3) sikap demokrasi dan motivasi belajar siswa yang mengikuti TKN lebih baik daripada sikap demokrasi dan motivasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa TKN dapat meningkatkan sikap demokrasi dan motivasi belajar siswa. Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara TKN terhadap sikap demokrasi dan motivasi belajar siswa.
Kata kunci: TKN, sikap demokrasi, motivasi belajar.
ABSTRACT
The main objective of the research is to investigate the effect of VCT (Value Clarification Technique) toward democration attitude and students learning motivation. The research was conducted at SMAN 1 Ubud by using quasi-experimental method; involving 64 students as the sample selected using random sampling technique. The independent variable in this research is instructional approach that was classified into two factors, those were VCT (Value Clarification Technique) which was given to the treatment group and conventional teaching and learning which was given to the control group. Democration attitude and student learning motivation in this research functioned as a dependent variable. There are two questioners used to obtain the intended data, namely democration attitude questioners and learning motivation questioners. The obtained data were analyzed by one-way ANAVA, Tukey test, and one –way MANOVA.
The research revealed that: 1) the democration attitude of the students who followed VCT (Value Clarification Technique) is higher than those who followed conventional teaching and learning, 2) the learning motivation of the students who followed VCT (Value Clarification Technique) is higher than those who followed conventional teaching and learning 3) the democration attitude and learning motivation of the students who followed VCT (Value Clarification Technique) is higher than those who followed conventional teaching and learning
Finally, it is concluded that VCT (Value Clarification Technique) can improve students’ democration attitude and learning motivation. It means that there is a significant effect of VCT (Value Clarification Technique) through students’ democration attitude and learning motivation.
Key words: VCT (Value Clarification Technique), democration attitude, learning motivation.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v2i1.373
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.