PENGARUH PENERAPAN TEKNIK PEMETAAN SEMANTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INGGRIS DITINJAU DARI BAKAT VERBAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 KUBU TAHUN PELAJARAN 2011/2012

NI WAYAN SARININGSIH

Abstract


ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran pemetaan semantik dan bakat verbal terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kubu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kubu tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak lima kelas. Dengan memperhatikan kesetaraan kemampuan kelas, diambil secara random dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan dua kelas sebagai kelompok kontrol. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan dua instrumen yaitu tes kinerja kemampuan menulis bahasa Inggris dan tes bakat verbal. Data kemampuan menulis bahasa Inggris dikumpulkan dengan tes kinerja dan data bakat verbal dikumpulkan dengan tes bakat verbal.  Hipotesis diuji dengan analisis varians dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) kemampuan menulis bahasa Inggris pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan teknik pemetaan semantik lebih baik dibandingkan dengan kemampuan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan teknik konvensional (F
Ahitung  
= 7,076; p < 0,05), (2) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara teknik pembelajaran dengan bakat verbal terhadap kemampuan menulis Bahasa Inggris siswa (F
ABhitung  
= 476,516; p < 0,05), (3) kelompok siswa yang memiliki bakat verbal tinggi yang pembelajarannya menggunakan teknik pemetaan semantik memiliki kemampuan menulis lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa dengan bakat verbal tinggi yang pembelajarannya menggunakan teknik konvensional (Q
hitung
= 3,760 l; p < 0,05) dan (X
A1B1
1
= 83,00 > X
A2B1
= 70,39), (4) kelompok siswa yang memiliki bakat verbal rendah yang pembelajarannya menggunakan teknik konvensional memiliki kemampuan menulis lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa dengan bakat verbal rendah yang pembelajarannya menggunakan teknik pemetaan semantik (Q
hitung
=19,168 p < 0,05) dan (X
A2B2
= 79,13> X
A1B2
= 69,26).   Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik pembelajaran pemetaan semantik berpengaruh terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris ditinjau dari bakat verbal siswa. Dengan demikian, dapat disarankan kepada para guru untuk menerapkan teknik pemetaan semantik dengan mempertimbangkan bakat verbal siswa.

Kata Kunci : Teknik Pembelajaran Pemetaan Semantik, Bakat Verbal, Kemampuan Menulis Bahasa Inggris



ABSTRACT

 

The aims of this research is to find out the effect of semantic mapping technique and
verbal aptitude on the English writing ability of the eighth grade students of SMP Negeri 1 Kubu. This study is an experimental research with Post-Test Only

The population of this study are five classes of eighth grader of SMPN 1 Kubu in the academic year of 2011/2012. By taking the equality  of the class into consideration, then 2 classes as experiment group and 2 classes of control group were selected randomly. The data were collected with two instruments, i.e.  writing test of English writing ability and verbal aptitude test. The data on students’ writing ability were collected with a writing test and the data of verbal aptitude were collected with verbal aptitude test.  The hypothesis were tested with two-ways analysis of variance and followed by Tukey test. The results of analysis showed that: (1) the writing ability of the students who learned through semantic mapping technique was better than that of the students who learned through conventional method (F
Aobserved  
= 7,076; p < 0,05), (2) there was an interaction effect of the technique of teaching and verbal aptitude on the writing ability of the students of SMP Negeri 1 Kubu (F
ABobserved  
= 476,516; p < 0,05), (3) in the group of students with higher verbal aptitude, the writing ability of the students who learned through semantic mapping technique was better than that of the students who learned through conventional method (Q
observed

= 3,760 l; p < 0,05) and (X
A1B1
= 83,00 > X
A2B1
= 70,39), (4) in the group of students with lower verbal aptitude, the writing ability of the students who learned through conventional method was better than that of the students who learned through semantic mapping technique (Q
observed
=19,168 p < 0,05) and (X
A2B2

= 79,13> X
A1B2
= 69,26).   From the result of the analysis above, it can be concluded that the use of semantic mapping technique has an effect on the English writing ability viewed from students’ verbal aptitude. Thus, it is advised that teachers can use semantic mapping technique by considering students’ verbal aptitude.  Key words: Semantic Mapping Technique, Verbal Aptitude, Students’ English Writing
Ability

Control Group Design.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v2i1.374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.