PENGEMBANGAN INSTRUMEN KECEMASAN SISWA TERHADAP SEKOLAH PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR DI KOTA DENPASAR TAHUN AJARAN 2010/2011

Ni Wayan Darti

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui aspek-aspek dan indikator kecemasan  siswa terhadap sekolah, untuk menyusun  blue print teoretik pengembangan instrumen  kecemasan  siswa terhadap sekolah, dan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas  instrumen kecemasan siswa terhadap sekolah pada siswa kelas VI Sekolah Dasar.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan ( Development Research). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di Kota Denpasar. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan sampel adalah menggunakan teknik multistage random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan analisis faktor.

Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) melalui validitas isi dengan melibatkan dua pakar diperoleh indeks validitas = 0,981,  (2) melalui uji coba terbatas diperoleh 101 butir yang valid sedangkan 5 butir gugur, karena dipakai 100 maka butir yang memiliki koefisien validitas terkecil digugurkan, (3) melalui uji penskalaan diperoleh 60 butir yang memenuhi syarat kontinum skala model likert, (4) uji validitas butir  dengan menggunakan rumus product moment taraf signifikan 1 % diperoleh 57 butir yang valid, (5) uji validitas konstruk menggunakan analisis faktor dengan tipe konfirmatori, banyak terdapat butir yang tidak cocok dengan faktor atau indikator yang ditetapkan semula. Dari analisis faktor yang dilakukan hanya terdapat 12 butir instrumen yang sesuai dengan indikator yang ditetapkan, (6) untuk menafsirkan skor yang diperoleh siswa dihitung dengan skala persentil, dengan menentukan 5 titik persentil sebagai pembatas kategori kecemasan siswa, yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, sangat rendah. Dalam penormaan menggunakan acuan norma lokal, yaitu kelompok siswa SD kelas VI yang ada di Kota Denpasar.

Kata kunci:  pengembangan instrumen, kecemasan siswa

 

ABSTRACT

 

This study aimed at finding out the aspects and indicators of student’school anxiety at the sixth grade of primary school, drafting a theoretical blue print for a student’s school anxiety instrument development for the sixth graders and finding out the levels of validity and reliability of the student’s school  anxiety instrument for the sixth graders of primary schools.

This study belonged to the developmental research. The population consisted of the sixth graders of primary schools in the municipality of Denpasar. The sampling was carried out by using the multistage random sampling technique in which the sample was drawn stage by stage in a random manner. The data were collected with questionnaire and analyzed with factor analysis.

The results showed that (1) the content validity testing by two experts yielded a validity index of 0.981, (2) a limited try-out resulted in 101 valid items while 5 items failed (since 100 items were used, the items the smallest validity coefficient were discarded), (3) a scale test produced 60 items that met Likert model scale continuum, (4) the item validity testing with product moment formulae at 1 % level of significance yielded 57 valid items, (5) construct validity testing with factor analysis of confirmatory type showed that many items did not fit in the factor or the predetermined indicator. From the factor analysis that was done only 12 items of the questionnaire that fit in the determined factor, and (6) to interpret the scores achieved by the students a percentile scale was used, by determining 5 percentile points as the student’s anxiety category borders,i.e., very high, high, medium, low, and very low. In normalization, the local norm, in which the sixth graders of primary schools in the municipality of Denpasar, was used.

Key words : instrument development, student’s anxiety


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v1i2.56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.