PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN ASESMEN OTENTIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BERBAHASA INGGRIS DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA SMK NEGERI 1 SINGARAJA

Kadek Agus Jaya Pharhyuna

Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan asesmen otentik terhadap keterampilan menulis surat bisnis berbahasa Inggris ditinjau dari kreativitas siswa.

Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan rancangan posttest only control group design dengan melibatkan sampel sebanyak 86 orang siswa pada kelas XII SMKN 1 Singaraja. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes keterampilan menulis surat berbahasa Inggris dan kuesioner kreativitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis varian satu jalur (anava) dan analisis kovarian (anakova) satu jalur.

Hasil analisis data adalah sebagai berikut. Pertama, model pembelajaran berbasis masalah dan asesmen otentik berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis siswa, dalam arti bahwa model pembelajaran dan asesmen tersebut menyebabkan keterampilan menulis siswa lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung dan asesmen konvensional (F hitung =76,12 pada taraf signifikansi α = 0,05). Kedua, model pembelajaran berbasis masalah dan asesmen otentik tetap berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis siswa walaupun telah diadakan pengendalian terhadap kreativitas siswa (F hitung = 77,218 pada taraf signifikansi α = 0,05). Ketiga, kreativitas berkontribusi positif terhadap keterampilan menulis berbahasa Inggris siswa (r = 0,985; koefisien determinasi = 96,95%).

Hasil penelitian ini memberikan indikasi bahwa model pembelajaran berbasis masalah dan asesmen otentik mampu meningkatkan keterampilan menulis berbahasa Inggris siswa. Pembelajaran yang didasari oleh permasalahan kehidupan nyata dan dievaluasi dengan konteks dunia nyata membuat siswa menjadi lebih leluasa dalam berkreativitas.

Berdasarkan hasil penelitian ini dianjurkan kepada guru-guru Bahasa Inggris untuk menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan asesmen otentik dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas pada materi-materi yang sesuai.

 

Kata-kata kunci :   model belajar berbasis masalah, asesmen otentik, keterampilan menulis, dan kreativitas siswa.

ABSTRACT

 

The main objective of the present study is to investigate the effect of problem based learning model and authentic assessment upon students’ writing skill on business letter viewed from student’s creativity.

This study is a quasi experimental study using the posttest-only control group design involving 86 of twelfth grade students altogether selected using a random sampling technique. The instruments used to gather data were English writing test and creativity questionnaire. The obtained data were analyzed using one way analysis of variance (anova) and one way analysis of covariance (anacova) to test the hypothesis.

The overall statistical analysis shows the following results. Firstly, the effect of problem based learning model and authentic assessment was positive upon students’ writing skill, in the sense that it could improve students’ skill in writing in comparison to that of direct instruction and conventional assessment (F with its computed values equals to 76.12 and significant at α = 0.05). Secondly, the effect of problem based learning model and authentic assessment was also positive upon students’ writing skill eventhough their creativity was not taken into account (F test with its computed value equals to 77.218 and significant at α = 0.05). Thirdly, the creativity contributed positively upon student’s writing skill (r = 0.985; determination coefficient = 96.95%).

The above findings indicate that problem based learning model and authentic assessment are able to improve students skill in English writing letter. The learning that is based on real problems and assessed by contextual problems made the students felt free to develop their creativity.

Based on the above findings, English teachers are encouraged to use problem based learning model and authentic assessment approach on English content.

 

Key Terms    : problem-based learning model, authentic assessment, writing skill, creativity.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v1i1.62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.