KONTRIBUSI HASIL BELAJAR SENI RUPA, KEDISIPLINAN DIRI, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER GRAFIS SISWA PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA SMK NEGERI 2 SUKAWATI

I Wayan Sukawijaya

Abstract


ABSTRAK

Sukawijaya, I Wayan (2010). Kontribusi Hasil Belajar Seni Rupa, Kedisiplinan Diri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Komputer Grafis Siswa Program Keahlian Multimedia Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Sukawati. Tesis Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja

Tesis ini sudah dikoreksi dan diperiksa oleh pembimbing I: Prof. Dr. I Made Candiasa, MIKomp. dan pembimbing II : Prof. Dr. Wayan Lasmawan, M.Pd.

 

Kata kunci : hasil belajar seni rupa, kedisiplinan diri, motivasi berprestasi dan hasil belajar komputer grafis siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi (1) hasil belajar seni rupa terhadap hasil belajar komputer grafis siswa program keahlian Multimedia SMK Negeri 2 Sukawati, (2) kedisiplinan diri terhadap hasil belajar komputer grafis siswa program keahlian Multimedia SMK Negeri 2 Sukawati, (3) ) motivasi berpre terhadap hasil belajar komputer grafis siswa program keahlian Multimedia SMK Negeri 2 Sukawati, dan (4) kontribusi secara bersama-sama hasil belajar seni rupa, kedisiplinan diri dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar komputer grafis siswa program keahlian Multimedia SMK Negeri 2 Sukawati.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post pacto. Populasi penelitian adalah siswa kelas X program keahlian Multimedia SMK Negeri 2 Sukawati tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 38 orang, dan seluruhnya digunakan sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk data hasil belajar seni rupa dan hasil belajar komputer grafis dan instrumen skala Likert berupa kuesioner untuk pengumpulan data tentang kedisiplinan diri dan motivasi berprestasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresidan korelasi parsial.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara hasil belajar seni rupa terhadap hasil belajar komputer grafis siswa  dengan kontribusi sebesar 98,0% , (2) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara kedisiplinan diri terhadap hasil belajar komputer grafis siswa  dengan kontribusi sebesar 97,5%, (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi terhadap hasil belajar komputer grafis siswa  dengan kontribusi sebesar 96,9%, dan (4) terdapat kontribusi yang signifikan  secara bersama-sama antara hasil belajar seni rupa, kedisiplinan diri, dan motivasi berprestasi  terhadap hasil belajar komputer grafis siswa dengan kontribusi sebesar 98,56% . Sumbangan efektif hasil belajar seni rupa sebesar 73,71 %, sumbangan efektif kedisiplinan diri sebesar 14,96 %, dan sumbangan efektif motivasi berprestasi sebesar 9,89%.

Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang positif dan signifikan dari ketiga variable prediktor tersebut sehingga variabel-variabel tersebut dapat dijadikan prediktor tingkat kecenderungan prestasi belajar komputer grafis siswa SMK Negeri 2 Sukawati.

 

 

ABSTRACT

Sukawijaya, I Wayan (2010).  The Contribution Result Of Fine arts Learning, Self Discipline and Motivation of Achievement To The Result Of Graphical Computer Learning at  The Multimedia Program  of SMKN 2 Sukawati.  The Research Thesis and Evaluation Education of Postgraduate Program Ganesha University Singaraja. This thesis have been corrected and investigated by the first counselor   Prof. Dr. I Made Candiasa, MIKomp. and the second counselor : Prof. Dr. Wayan Lasmawan, M.Pd.

 

Keyword : result of fine arts learning, self-discipline, motivation of achievement, and result of graphical computer learning of student.

This research aim to know contribution (1) result of fine arts learning to the result of graphical computer learning of the multimedia  program of SMKN 2 Sukawati, (2) self-discipline to the result of graphical computer learning of the multimedia program of SMKN 2 Sukawati, (3) motivation of achievement to the result of graphical computer learning of the multimedia  program SMKN 2 Sukawati, and (4) ) contribution result of the fine arts learning, self-discipline and motivation of achievement to result of graphical computer learning of the multimedia  program SMKN 2 Sukawati

This research is quantitative research with approach of ex post pacto. The Population of the Research is the students at grade X of the multimedia  program SMKN 2 Sukawati, school year 2009/2010,  38 students, and all of them are used  as research sample. The method used in collecting the data  is documentation method to get the data result of fine arts learning and result of graphical computer learning and  the scale Likert instrument in the form of questionnaire for data collecting about self-discipline and motivation of achievement. The Data analytical technique applied is, regression and partial correlation.

The result of research indicates that (1) there is contribution which are positive and significant between result of fine arts learning to the result of graphical computer learning of student with contribution equal to 98,0%, (2) there is contribution which are positive and significant between self-disciplines to result of graphical computer learning of student with contribution equal to 97,5%, (3) there is contribution which are positive and significant between achievement motivations to result of graphical computer learning of student with contribution equal to 96,9%, and (4) there is significant contribution between result of fine arts learning, self-discipline, and motivation of achievement to result of graphical computer learning of student with contribution equal to 98,56% . Effective contribution of fine arts learning equal 73,71 %, effective contribution of self-disciplines equal 14,96 %, and effective contribution of achievement motivations equal to 9,89%.

Based on the finding is inferential that there is contribution which are positive and significant from third of the predictor variable so that variables can be made predictor level of tendency of achievement of graphical computer learning of student SMKN 2 Sukawati.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v1i1.67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.