PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN ASESMEN KINERJA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DIKENDALIKAN OLEH SIKAP PADA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X TGB SMKN 3 SINGARAJA
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan asesmen kinerja terhadap prestasi belajar kewirausahaan dikendalikan oleh sikap pada pelajaran kewirausahaan. Desain penelitian ini adalah post test only control group. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling yaitu 62 orang siswa kelas X TGB SMKN 3 Singaraja, satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Data dianalisis menggunakan ANACOVA satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar kewirausahaan antara siswa pada kelompok eksperimen dan siswa pada kelompok kontrol (FA=9,022; p<0,05) dengan rata-rata prestasi belajar siswa pada kelompok eksperimen (39,9677) lebih tinggi daripada siswa pada kelompok kontrol (37,0968), (2) terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar kewirausahaan antara siswa pada kelompok eksperimen (rata-rata: 39,680) dan siswa pada kelompok kontrol (rata-rata: 37,385) setelah dikendalikan oleh kovariabel sikap (Fres=8,488; p<0,05) dengan rata-rata skor sikap siswa pada kelompok eksperimen (140,8065) lebih tinggi daripada siswa pada kelompok kontrol (138,8710), (3) terdapat kontribusi variabel sikap sebesar 34,7% terhadap prestasi belajar kewirausahaan (R=0,589; R2=0,347; Freg=31,947; p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan asesmen kinerja dikendalikan oleh sikap pada pelajaran kewirausahaan mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas X TGB SMKN 3 Singaraja.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Sikap, Prestasi Belajar Kewirausahaan.
ABSTRACT
This research aimed at finding out the influence of STAD type of cooperative learning model assisted by performance assessment toward entrepreneurship learning achievement controlled by attitude on entrepreneurship subject. The research was designed in post test only control group. The sample was determined by random sampling those were 62 students of 10th grade of TGB at SMKN 3 Singaraja, one class as an experiment group and one class as a controlled group. The data was analyzed by using one way ANACOVA. The results showed that: (1) there was a significant difference of entrepreneurship learning achievement between students in experiment group and students in controlled group (FA=9,022; p<0,05) in which the score average of students in experiment group (39,9677) was higher then the score average of students in controlled group (37,0968), (2) there was a significant difference of entrepreneurship learning achievement between students in experiment group (score average: 39,680) and students in controlled group (score average: 37,385) after controlled by attitude co-variable (Fres=8,488; p<0,05) where average score of attitude of students in experiment group (140,8065) was higher than students in controlled group (138,8710), (3) there was a contribution of attitude variable of 34,7% towards entrepreneurship learning achievement (R=0,589; R2=0,347; Freg=31,947; p<0,05). Based on those results, it can be concluded that STAD type of cooperative learning model assisted by performance assessment controlled by attitude on entrepreneurship learning has an influence towards entrepreneurship learning achievement of 10th grade students of TGB at SMKN 3 Singaraja.
Keywords: STAD Type of Cooperative Learning Model, Attitude, Entrepreneurship LearningFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v3i1.696
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.