STUDI EVALUASI EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA DALAM MENINGKATAN KECAKAPAN HIDUP TAMATAN KRIA KERAMIK SMK NEGERI 2 SUKAWATI
Abstract
ABSTRAK
I WAYAN WIRDANA, Studi Evaluasi Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda Dalam Meningkatan Kecakapan Hidup Tamatan Kria Keramik Di SMK Negeri 2 Sukawati.Tesis. Singaraja: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2010.
Tesis ini sudah dikoreksi dan diperiksa oleh pembimbing I, Prof. Dr. Ketut Suarni, MS dan pembimbing II. Dr. Made Yudana.
Kata Kunci: Kecakapan Hidup Tamatan, Konteks, Input, Proses, Produk, Kria Keramik di SMK Negeri 2 Sukawati.
Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi penyelenggaraan program(PSG) pendidikan sistem ganda Kria Keramik di SMK Negeri 2 Sukawati, Gianyar ditinjau dari: Konteks, Input,Proses,dan Produk. Populasi dalam penelitian ini adalah Kria Keramik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Sukawati Gianyar. Responden Penelitian ini adalah: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, ketua jurusan, guru produktif kria keramik, guru normatif kria keramik, guru adaptif kria keramik, guru BK. kria keramik, institusi pasangan atau Dunia Usaha dan Dunia Industri kria keramik, kepala TU dan siswa, yang diambil dengan cara kluster sampling.Model evaluasi yang digunakan dalam mengevaluasi program pendidikan sistem ganda (PSG) adalah model CIPP. Sebagian data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner pada semua responden sekolah SMK Negeri 2 Sukawati untuk mendapatkan data utama, sebagian dilengkapi/ didukung oleh data darihasil wawancara, observasi, dan studidokumentasi. Analisis data menggunakan statistik Deskriftif Kuantitatif dengan kriteria ideal teoritik dengan rumus univariat, serta dihubungkan dengan Kwadran Glickman untuk mendeskripsikan tingkat efektifitas pelaksanaan program pendidikan sistem ganda (PSG).
Dari hasil analisis yang dibahas, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. Kria Keramik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri2 Sukawati dengan hasil analisis T-skor masing–masing: Konteks 51,45 dengan katagori efektif, Input 49,24 dengan katagori efektif, Proses 50,93 dengan katagori efektif, dan Produk 51,40 dengan katagori efektif.Dan Konteks,Input, Proses, Produk dengan hasil analisis masing-masing: 51,45 dengan katagori efektif, 49,24 dengan katagori efektif, 50,93 dengan katagori efektif, 51,40 dengan katagori efektif.
Dengan simpulan di atas disarankan; (1) untuk selalu meningkatkan diri dalam memenuhi tuntutan dari standar masing–masing variabel Konteks, Input, Proses, dan Produk. (2) Sekolah tetap mempertahankan pelaksanaan program pendidikan sitem ganda karena sangat membantu meningkatkan kecakapan hidup tamatan dalam memenangkan persaingan pasar global.
ABSTRACT
I WAYAN WIRDANA, An Evaluative Study of the effectivity of Dual System Educational Program in the Improvement of Life Skill of the Graduates of The Ceramics Craft Division of SMK Negeri 2 Sukawati. Tesis. Singaraja: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singajaja, 2010.
This thesis has been corrected and examined by the first supervisor, Prof. Dr. Ketut Suarni, MS and the second supervisor, Dr. Made Yudana.
Key words: The Graduate’s Life Skill, Context, Input, Process, Product, The Ceramics Craft Division of SMK Negeri 2 Sukawati
This study aimed at evaluating the implementation of the dual-system education program in The Ceramics Craft Division at SMK Negeri 2 Sukawati Ginyar. The respondents were the school principal, vice-school principals, the head of the division, the productive teachers of ceramics craft and normative teachers of ceramics craft, the adaptive teachers of ceramics craft, the guidance and counseling teacher of ceramics craft, counterpart institutions or businesses and industries, the head of the Secretarial Division and the students, who were selected through cluster sampling.The evaluation model used in evaluating the dual-system education (DSE) program was CIPP model. Part of the data were collected by distributing questionnaires to all of the respondents to obtain the main data, and part of them were supplemented/supported by the data from the interview, observation, and document study as completed data.The data was analized using quantitative-descriptive about teoritic criteria to describe efectivitas level realization program double system.
The results of analysis showed that The Ceramics Craft Division of SMK Negeri 2 Sukawati got the following T-scores for each of the variables: Context 51.45 with effective category, Input 49 with effective category, Process 50.93 with effective category, and Product 51.40 with effective category. Hence it can be concluded that the implementation of the dual-system education at the Ceramics Craft Division of SMK Negeri 2 Sukawati was effective.
Based on the conclusion above it is suggested that,(1)The CeramicsCraft Division of SMK Negeri 2 Sukawati should improve itself in meeting the demands of the standards of each of the variables of Context, Input, Process, and Product. (2) The school should keep on maintaining the implementation of the dual-system education program since it helps very much in improving the life skill of the graduates in winning the competition of the global market.
Key Word: Duel System Educational Program, Context, Input, Proses, and Produk.
DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v1i1.71
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.