STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS DAN GENERATIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN KREATIVITAS SISWA

I WAYAN DARMA ., Prof. Dr I Wayan Sadia,M.Pd ., Prof. Dr. Ketut Suma, MS .

Abstract


Penelitian ini pada hakekatnya bertujuan sebagai berikut. (1) Menganalisis apakah ada perbedaan pemahaman konsep dan kreativitas antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran Inkuiri bebas , model pembelajaran Generatif , dan model pembelajaran langsung. (2) Menganalisis ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar melalui modell pembelajaran Inkuiri bebas, model pembelajaran Generatif, dan model pembelajaran langsung.(3) Menganalisis ada tidaknya perbedaan secara signifikan kreativitas antara siswa yang belajar melalui modell pembelajaran Inkuiri bebas, model pembelajaran Generatif, dan model pembelajaran langsung.Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Denpasar tahun pelajaran 2013/2014. Rancangan penelitian ini mengikuti rancangan eksperimen pretest postest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-6, XI IPA-7 dan kelas XI IPA-9 SMA Negeri 1 Denpasar tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan kelas penelitian berdasarkan teknik random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan MANOVA satu jalur. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep dan kreativitas atara siswa yang diberikan model pembelajaran Inkuiri bebas, generatif dan model pembelajaran langsung (F = 26,245; p<0,05). (2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri bebas, generatif, dan model pembelajran langsung (F = 37,769; p<0,05). (3) Terdapat perbedaan yang signifikan kreativitas siswa yang diberikan model pembelajaran inkuiri bebas, model pembelajaran generatif dan model pembelajaran langsung (F = 71,605; p<0,05).
Kata Kunci : Inkuiri bebas, generatif, pemahaman konsep, kreativitas

This research aimed as follow : (1) Analyzing the differences of concept understanding and creativity among the group of students who learn through open inquirylearning model, generative learning model and group of students who learn through direct instructional learning model, (2) Analyzing whether there is a difference of the concept understanding among the student who learn through free inquiry learning model, Generative learning model, and direct instructional learning model. (3) Analyzing the difference of creativity among the students who learn through free inquiry learning model, generative learning model, and direct instructional model. To achieve this goal quasi-experimental study was conducted on students in Science class XI SMAN 1 Denpasar academic year 2013/2014. The design of this study follows the design of experimental pretest - posttest control group design. The subjects were student of class XI IPA, XI IPA-7, and XI IPA-9. The research class based on random sampling technique. The data were analyzed with descriptive statistics and one way MANOVA. The results study was found as follows. (1) There are differences of concept understanding and creativity among the group of students who learn through free inquiry model, generative model and group of students who learn through direct instructional model (F = 26,245; p<0,05). (2) There is difference of concept understanding among the group of students which given free inquiry learning model, generative model, and direct instructional model (F = 37.769, p <0.05). (3) There is significant differences of creativity for the group which is given free inquiry learning model, generative learning model, and direct instructional learning model (F = 71.605, p<0.05).
keyword : free inquiry, generative, concepts understanding , creativity

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.