PENGARUH MODEL SIKLUS BELAJAR 5E TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA

I MADE HARDIYASA ., Prof. Dr. Ketut Suma, MS ., Prof. Dr I Wayan Sadia,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran siklus belajar 5E terhadap keterampilan berpikir kreatif dan motivasi berprestasi siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kuta Selatan pada tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 159 siswa yang terdiri dari 82 siswa kelas eksperimen dan 77 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini dirancang dalam bentuk pretest-posttest control group design. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan berpikir kreatif dan kuesioner motivasi berprestasi. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kreatif dan motivasi berprestasi antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran siklus belajar 5E dengan siswa yang belajar model pembelajaran ekspositori (F=95,49;P<0,05), 2) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kreatif antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran siklus belajar 5E dengan siswa yang belajar model pembelajaran ekspositori (F=52,41;P<0,05) dan 3) terdapat perbedaan yang signifikan motivasi berprestasi antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran siklus belajar 5E dengan siswa yang belajar model pembelajaran ekspositori (F=133,47; P<0,05).
Kata Kunci : siklus belajar 5E, kreativitas, motivasi

This study aimed describe the effect 5E learning cycle model to students creative thinking skills and achievement motivation. The samples this study were eighth grade students of SMP Negeri 1 South Kuta in academic year 2013/2014, amounting to 159 students consisting of 82 students in experimental class and 77 students in control class. Sampling was this study using random sampling techniques. The study was designed in the form of a pretest-posttest control group design. The data was collected by using creative thinking skills tests and achievement motivation questionnaire. Data were analyzed with descriptive statistics and inferential statistics using MANOVA. The results showed:1) there are significant differences of creative thinking skills and achievement motivation between students who learn the 5E learning cycle model with students learn the expository learning model (F=95.49,P<0.05),2) there is significant differences of creative thinking skills between that students learn the 5E learning cycle model with students learn the expository learning model (F=52.41,P<0.05) and 3) there is significant differences of achievement motivation between students who learn the 5E learning cycle model with students learn the expository learning model (F=133.47,P<0.05).
keyword : 5E learning cycle, creative, motivation

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.