PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

I WAYAN IWANTARA ., Prof. Dr I Wayan Sadia,M.Pd ., Prof. Dr. Ketut Suma, MS .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media video youtube dalam pembelajaran IPA terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi adalah siswa kelas IX di SMP N 1 Abiansemal dengan sampel 105 siswa yang terdiri dari 2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Data yang diperoleh berupa skor N-gain motivasi belajar dan pemahaman konsep. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi dan tes pemahaman konsep. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan MANOVA satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Terdapat perbedaan motivasi belajar dan pemahaman konsep yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media riil, media video dan media charta (F=19,630; p<0,05). 2) Terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media riil, media video dan media charta (F= 168.594 ; p < 0,05). Hasil uji lanjut dengan LSD menunjukkan bahwa media video youtube lebih unggul dibandingkan dengan media riil dan media charta dalam menanamkan motivasi belajar kepada siswa. 3) Terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media riil, media video dan media charta (F= 149,252 ; p < 0,05). Hasil uji lanjut dengan LSD menunjukkan media riil dan media video youtube lebih unggul dari media charta dalam menanamkan pemahaman konsep ke siswa
Kata Kunci : media video youtube, media riil, media charta, motivasi belajar, pemahaman konsep

The objective of this research was to describe wether there was significant effect effect uses media of youtube video to learning motivation and concepts understanding of sains of students. This research was quasi eksperiment with pretest-posttest non-equivalent control group design. Population were 9th grade students at SMP N 1 Abiansemal and the samples were 105 students, they were one classes for the control group and two classes for experiment group. The data was obtained in the form normalized g-score of learning motivation and concepts understanding. The instrument that was used was in the form of quezioner of motivation and test of concepts understanding. Data were analyzed using descriptive statistics and MANOVA one tailed. The result of this study show that 1) there were differences in learning motivation and concepts understanding among the group of students who are learning uses real media, youtube video media and chart media. 2) there were differences in learning motivation among the group of students who are learning uses real media, youtube video media and chart media (F= 168.594 ; p < 0,05). LSD test results further demonstrate that uses youtube video youtube media is superior compared to real media and chart media in in learning motivation. 3) there were differences in concepts understanding among the group of students who are learning uses real media, youtube video media and chart media (F= 149,252 ; p < 0,05). LSD test results further demonstrate that uses youtube video media and real media is superior compared to chart media.
keyword : youtube video media, real media, chart media, learning motivation, concepts understanding

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.