Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Pemahaman Konsep Kimia ditinjau dari Motivasi Berprestasi

I MADE KARTAMA ., Dr. rer.nat. I Wayan Karyasa,S.Pd,M.Sc ., Dr. I Wayan Muderawan,MS. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan pemahaman konsep kimia antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan model pembelajaran konvensional; (2) adanya interaksi antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi siswa terhadap pemahaman konsep kimia; (3) perbedaan pemahaman konsep kimia antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan model pembelajaran konvensional pada kelompok siswa dengan motivasi berprestasi tinggi; (4) perbedaan pemahaman konsep kimia antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan model pembelajaran konvensional pada kelompok siswa dengan motivasi berprestasi rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep kimia antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan model pembelajaran konvensional F=90,524;(p<0,05) siswa yang belajar dengan model Group Investigation menunjukkan hasil belajar lebih tinggi (M=76,38) dibandingkan dengan model direct instructions (M=72,70); (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi siswa terhadap pemahaman konsep kimia F=7,570; (p<0,05); (3) terdapat perbedaan pemahaman konsep kimia antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Mean GIMT = 80,35) dengan model pembelajaran konvensional (Mean DIMT= 80,00) pada kelompok siswa dengan motivasi berprestasi tinggi; (4) terdapat perbedaan pemahaman konsep kimia antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Mean GIMR = 72,40) dengan model pembelajaran konvensional (Mean DIMR = 65,40) pada kelompok siswa dengan motivasi berprestasi rendah.
Kata Kunci : model pembelajaran, pemahaman konsep, motivasi berprestasi

This study aims to analyze: (1) the difference between students' understanding of chemistry concepts are learned with cooperative learning model GI konvensional learning model; (2) the interaction between the model of learning and achievement motivation of students towards an understanding of chemical concept; (3) the difference between students' understanding of chemistry concepts are learned with GI cooperative learning model with the conventional model of learning in a group of students with high achievement motivation; (4) the difference between students' understanding of chemistry concepts are learned with GI cooperative learning model with the conventional model of learning in a group of students with low achievement motivation. The results showed that (1) there are differences in the understanding of chemical concepts between students who learned with cooperative learning model GI with conventional learning model F = 90 524; ( p < 0.05), the students who studied with the Group Investigation model shows higher learning outcomes ( M = 76.38 ) compared with the model of direct instructions (M = 72.70); (2) there is interaction between the model of learning and achievement motivation of students towards an understanding of chemical concepts F = 7,570; ( P <0.05 ); (3) there is a difference between students' understanding of chemistry concepts are learned with cooperative learning model GI (Mean GIMT = 80.35) with conventional learning models (Mean DIMT = 80.00) in the group of students with high achievement motivation; (4) there is a difference between the students' understanding of chemistry concepts are learned with cooperative learning model GI (Mean GIMR = 72.40) with conventional learning models (Mean DIMR = 65.40) in the group of students with low achievement motivation.
keyword : models of learning , understanding the concept, achievement motivation

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.