PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR FORMAL DAN SIKAP ILMIAH SISWA SMP

NI MADE YULIANI ., Prof. Dr I Wayan Sadia,M.Pd ., Prof. Dr.I Wayan Suastra,M.Pd .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji perbedaan model pembelajaran inovatif antara model pembelajaran inkuiri bebas, model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran konvensional dalam pencapaian kemampuan berpikir formal dan sikap ilmiah, (2) Menganalisis perbedaan kemampuan berpikir formal antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri bebas, model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran konvensional, (3) Menganalisis perbedaan sikap ilmiah antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri bebas, model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran konvensional.
Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan factorial 3x2 posttest only control group design. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Denpasar tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel berdasarkan teknik random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan MANOVA satu jalur.
Hasil analisis menyatakan sebagai berikut. (1) terdapat perbedaan signifikan kemampuan berpikir formal dan sikap ilmiah antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas, model pembelajaran inkuiri terbimbing, dan model pembelajaran konvensional (F = 3,020; p<0,05). (2) Terdapat perbedaan signifikan keterampilan berpikir formal antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas, model pembelajaran inkuiri terbimbing, dan model pembelajaran konvensional (F = 4,969; p<0,05). (3) Terdapat perbedaan signifikan sikap ilmiah antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas, model pembelajaran inkuiri terbimbing, dan model pembelajaran konvensional (F =1,465; p<0,05).

Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Kemampuan Berpikir Formal, Sikap Ilmiah

The aims of this study was to (1) analyze the differences formal thinking ability and scientific attitude between students who studied through free inquiry learning model, guided inquiry learning model and conventional learning model, (2) analyze the differences between of free inquiry learning model, guided inquiry learning model and conventional learning model on formal Thinking Ability (3) ) analyze the differences between of free inquiry learning model, guided inquiry learning model and conventional learning model on scientific attitude.
This study was an experimental study using the 1x1 factorial posttest-only control group designs. The subjects were all of the seventh grade students in SMP Negeri 8 Denpasar. The selection of the sample for this study was based on random sampling technique. The data were analyzed by descriptive statistics and one ways MANOVA.
The result showed that (1) there is significant influence learning model of formal Thinking Ability between and scientific attitude together (F = 3,020; p<0,05). That is, formal Thinking Ability and scientific attitude together showed significant differences between the learning models (2) there is significant differences on formal Thinking Ability between of free inquiry learning model, guided inquiry learning model and conventional learning model (F = 4,969; p<0,05), (3) there is significant differences on scientific attitude between of free inquiry learning model, guided inquiry learning model and conventional learning model (F = 1,465; p<0,05).

keyword : Inquiry Learning, Formal Thinking Ability, And Scientific Attitude

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.