PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERMUATAN KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KARAKTER BAGI SISWA SMA

YOSEFINA UGE LAWE ., Prof. Dr.Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si ., Prof. Dr. Putu Budi Adnyana, M.Si .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan karakter antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah (MPBM) dan model pembelajaran langsung (MPL) pada pembelajaran biologi bermuatan karakter; perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan model MPBM dan MPL pada pembelajaran biologi bermuatan karakter; perbedaan karakter antara kelompok siswa yang belajar dengan MPBM dengan kelompok siswa yang belajar dengan MPL pada pembelajaran biologi bermuatan karakter. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 244 orang, sampelnya adalah 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 120 orang. Teknik pengambilan sampel dengan random assigment. Penelitian ini merupakan quasi eksperimental dengan rancangan Non-equivalen Post test only Control Group Design. Data dianalisis dengan uji Manova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan karakter antara siswa yang belajar dengan MPBM dengan siswa yang belajar dengan MPL pada pembelajaran biologi bermuatan karakter (F=129,007; p<0,05); (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan MPBM dengan siswa yang belajar dengan MPL pada pembelajaran biologi bermuatan karakter (F=129,007; p<0,05); (3) Terdapat perbedaan karakter antara siswa yang belajar dengan MPBM dengan siswa yang belajar dengan MPL pada pembelajaran biologi bermuatan karakter (F=41,233; p<0,05).
Kata Kunci : kemampuan pemecahan masalah, model pembelajaran berbasis masalah, karakter

This research aimed at finding out:the difference of problem solving ability and character between students’ group who followed learning model basis problem (MPBL) and direct intructions model (MDI) to implyed learning biology character; the difference of problem solving ability between students who learned with MPBL and direct MDI to implyed learning biology character; the difference of character between students’ group who learned with MPBL with students’ group who learned with MDI to implyed learning biology character.The population on this research was all the studenst class X totaled 244 students, the sample was 4 class with totaled 120 students. Technique in took the sample with random assigmen. This research used quasi experimental with Non-equivalent Post test only Control Group Design. The data was analyzed MANOVA test one way.The result of the research showed that: there was difference of biology problem solving ability and character between students who learned with MPBL with students who learned with MDI (F=129,007; p<0,05); there was difference of problem solving ability between students who learned with MPBL with students who learned with MDI (F=129, 007; p<0,05); there was difference of character between students who learned with MPBL with students who learned with MDI (F=41,233; p<0,05).
keyword : character building, problem based learning model, problem solving ability,

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.