PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH MAHASISWA PADA MATA KULIAH ILMU ALAMIAH DASAR

TRIANA KARTIKA SANTI ., Prof. Dr.Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si ., Dr.I Gusti Agung Nyoman Setiawan,M.Si .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah antara mahasiswa yang belajar model pembelajaran inkuiri dengan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimental dengan Post Test Only Control Group Design. Sebanyak 134 mahasiswa dipilih menjadi sampel dengan teknik random sampling. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah, pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Analisis data dilakukan dengan uji MANOVA satu jalur.
Hasil analisis menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada kemmampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah antara kelompok mahasiswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran langsung, diperoleh nilai (F = 45,81;p<0,05), (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara kelompok mahasiswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran langsung pada mahasiswa diperoleh nilai (F =55,76: p<0,05), (3) terdapat perbedaan sikap ilmiah yang signifikan antara kelompok mahasiswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran langsung diperoleh nilai (F =49,91:p<0,05).

Kata Kunci : model pembelajaran inkuiri, kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah

A This study aimed to determine and analyze differences in the ability of critical thinking and scientific attitude among students studying inquiry learning model with students taking the direct learning. This study used a quasi-experimental Post-Test Only Control Group Design. Sampling technique using random sampling. samples used were 134 students. The variables measured in this study is the ability of critical thinking and scientific attitude, the data collection is done by the test method. Data analysis was performed with a MANOVA test track.
The analysis shows: (1) there are significant differences in the ability of critical thinking and scientific attitude among the group of students who learn by inquiry learning model and learning model directly, obtained value of (F = 45,81:p <0,05), (2) there are differences in the ability to think critical significant between groups of students studying with inquiry learning model and learning model directly to the student obtained value (F = 55,76:p <0,05), (3) there are significant differences in the scientific attitude among the group of students who learn by inquiry learning model and learning model directly obtained value (F = 49,91; p <0,05).


keyword : inquiry learning model, critical thinking ability and attitude scientific

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.