PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM KOMUNITAS SCIENCE CLUB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

MADE KRISNA WISESA YUDA ., PROF. DR. I WAYAN SADIA, M.Pd ., PROF. DR. I WAYAN SUASTRA, M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran berbasis proyek dalam komunitas science club. Kegiatan ilmiah tidak terlihat dalam kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler sains. Penelitian ini melibatkan beberapa subyek, yakni validator yang terdiri dari para ahli dan guru-guru praktisi, serta siswa kelas VIII ekstrakurikuler sains di SMP Negeri 1 Negara. Validitas empiris berdasarkan masukan para ahli dan praktisi diperoleh melalui FGD (Focus Group Discussion). Skala validitas diperoleh melalui lembar validasi modul. Kepraktisan modul diperoleh melalui angket observasi keterlaksanaan modul, angket respon guru, dan angket respon siswa. Efektivitas modul dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis diperoleh melalui penelitian pra-eksperimen dengan melakukan pretest dan post-test yang selanjutnya diuji secara statistik dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan tiga hal, yakni: 1) modul tergolong sangat valid dengan skor rata-rata 4,40; 2) modul tergolong sangat praktis dengan skor rata-rata keterlaksanaan 4,38, tergolong sangat praktis dengan skor rata-rata respon guru 4,54, dan tergolong sangat praktis dengan skor rata-rata respon siswa 4,40; dan 3) modul tergolong efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP berdasarkan hasil uji-t nilai pretest dan post-test (t=16,67; p<0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis proyek yang dikembangkan tergolong sangat valid, sangat praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP.
Kata Kunci : modul pembelajaran berbasis proyek, science club, keterampilan berpikir kritis

The aim of this study is to produce project-based modul. The subjects are expert lecturer, practician teachers and grade VIII students of SMP Negeri 1 Negara which are the members of science club extra-curricular. The validity was gained from experts and practitioners through FGD, the validity score from quisionnaire of validity, the practicability of modul from quisionnaire of students respond, quisionnaire of teachers respond and quisionnaire of observation and the effectivity of modul from pre-experimental reseach by giving the pretest and post-test for students critical thinking skills and analyzed by t-test. The result of the study shows three important things, such as: 1) the modul was classified as very good in validity with mean of validity score 4.40; 2) the modul was classified as very good in practicability with observation score mean 4.38, very good in practicability with mean of teacher respond 4.54, and very good in practicability with mean of students respond 4.40; and 3) the modul was classified as effective to improve students critical thinking skills based on the result of t-test for pretest and post-test score (t=16.67;p<0.05). This result shows that project based modul that was developed is classified as very valid, very practicable, and effective for improving students critical thinking skills.
keyword : project based modul, science club, critical thinking skills

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.