PENINGKATAN KEMAMPUAN MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN KUALITAS PERENCANAAN PEMBELAJARAN MELALUI LESSON STUDY

I NYOMAN TRY UPAYOGI ., PROF. DR. I WAYAN SADIA, M.Pd ., PROF. DR. KETUT SUMA, M.S. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) kualitas pelaksanaan lesson study pada guru IPA, (2) peningkatan kemampuan guru menerapkan pendekatan saintifik sebelum dan sesudah lesson study, dan (3) peningkatan kualitas perencanaan pembelajaran guru IPA sebelum dan sesudah lesson study. Jenis penelitian ini merupakan studi kasus yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 orang guru IPA di SMP Lab Undiksha Singaraja. Objek Penelitian ini adalah kemampuan menerapkan pendekatan saintifik guru dan kualitas perencanaan pembelajaran. Data dikumpulkan dengan observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kualitas lesson study berada pada kualifikasi sangat baik; 2) terjadi peningkatan kemampuan menerapkan pendekatan saintifik guru sebelum dan sesudah pelaksanaan lesson study; 3) terjadi peningkatan kualitas perencanaan pembelajaran guru sebelum dan sesudah pelaksanaan lesson study.
Kata Kunci : lesson study, kualitas perencanaan pembelajaran, kemampuan menerapkan pendekatan saintifik

This study aimed to describing: 1) quality of lesson study, 2) improvement of science teachers’ ability to apply scientific approach before and after the implementation of lesson study, and 3) improvement of quality of lesson plan before and after the implementation of lesson study. The kind of this study was case study that analyzed by descriptive qualitative. Subject of this study are 3 science teacher at SMP Lab Undiksha Singaraja. Object of this study are teachers’ ability to apply scientific approach and quality of lesson plan. The data collected by observation and interview. The results of this study show that: 1) quality of lesson study is in very good categorized; 2) an increase of science teachers’ ability to apply scientific approach; and 3) an increase of science teachers’ quality of lesson plan before and after the implementation of lesson study.
keyword : lesson study, the quality of lesson plan, scientific approach

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.