PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA

NI MADE YANI PRASTIWI ., PROF. DR. I B. PUTU ARNYANA, M.Si. ., PROF. DR. I WAYAN SADIA, M.Pd .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis: (1) perbedaan pemahaman konsep siswa antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran STM berbantuan multimedia,model pemelajaran STM tanpa multimedia, dan dengan pembelajaran langsung, (2) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap pemahaman konsep siswa, (3) perbedaan pemahaman konsep siswa antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran STM berbantuan multimedia, model pemelajaran STM tanpa multimedia, dan dengan pembelajaran langsung pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, (4) perbedaan pemahaman konsep siswa antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran STM berbantuan multimedia, model pemelajaran STM tanpa multimedia, dan dengan pembelajaran langsung pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent pre-test post-test control group design. Sampel penelitian ini siswa kelas X MIPA semester I di SMA Negeri 1 Kuta Utara yang diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep dan kuisioner motivasi belajar. Analisis data menggunakan analisis statistic ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama terdapat perbedaan hasil pemahaman konsep siswa antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran sains teknologi masyarakat berbantuan multimedia, dengan model pembelajaran sains teknologi masyarakat tanpa bantuan multimedia, dan dengan pembelajaran langsung (Fhit = 13,088 (p<0,05). Kedua terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar (Fhit = 3,961 (p<0,05) . Ketiga terdapat perbedaan pemahaman konsep biologi siswa yang mengikuti model pembelajaran sains teknologi masyarakat berbantuan multimedia, dengan model pembelajaran sains teknologi masyarakat tanpa multimedia, dan dengan model pembelajaran langsung bagi siswa yang memiliki motivasi tinggi ( Fhit = 8,916, > Ftab = 3,40). Keempat terdapat perbedaan pemahaman konsep biologi siswa yang mengikuti model pembelajaran sains teknologi masyarakat berbantuan multimedia, dengan model pembelajaran sains teknologi masyarakat tanpa multimedia, dan dengan model pembelajaran langsung bagi siswa yang memiliki motivasi rendah (Fhit = 4,443 > Ftab = 3,40).

Kata Kunci : model pembelajaran sains teknologi masyarakat, multimedia, pemahaman konsep, motivasi belajar

The aims of this study was to analyze: (1) the differences of concept understanding between students group who studied with science technology society model multimedia assisted, with science technology society without multimedia assisted, and direct instructional model, (2) the effect of interaction between learning model and learning motivation, (3) the differences of concept understanding between student’s group who studied with science technology society model multimedia assisted, science technology society without multimedia assisted, and direct instructional model for student with high learning motivation, (4) the differences of concepts understanding between student’s group who studied with science technology society model multimedia assisted, science technology society without multimedia assisted, and direct instructional model for student with low learning motivation
The design of the study was quasi-experimental research design with non-equivalent pre-test post-test control group design. The sample of this research were students of X MIPA SMAN 1 Kuta Utara taken by simple random sampling technique. The instruments used test of understanding of concepts and the learning motivation questionnaire. Data analysis used two-ways ANOVA analysis. The result of the research shows the followings: First, there are differences between concepts understanding by using the science technology society multimedia assisted, using the science technology society without multimedia assisted, and direct instructional model (F= 13,088; p<0,05.). Second, there is interaction effect between learning model and learning motivation (Fcounted (3,961); (p<0,05) Third, there are differences between concepts understanding by using the science technology society multimedia assisted, using the science technology society without multimedia assisted, and direct instructional model for student who have high learning motivation ( F hit = 8,916 > Ftab = 3,40). Fourth, there are differences between concepts understanding by using the science technology society multimedia assisted, using the science technology society without multimedia assisted, and direct instructional model for student who have low learning motivation (Fhit = 4,443 > Ftab = 3,40).

keyword : science technology society, multimedia, concept understanding, learning motivation

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.